ZONAUTARA.com — Penelitian telah menemukan bahwa magnet dapat mengusir ikan hiu dan ikan pari. Bagaimana hal tersebut bekerja? Artikel ini akan menjelaskannya.

Terkadang, hiu dan ikan pari bisa saja tertangkap dalam penangkapan ikan. Meski bukan mereka tujuan utamanya. Namun, dengan memasang magnet pada alat penangkap ikan, hiu dan pari tak akan mendekat.

Di sungai Hawkesbury Australia, kapal penangkap ikan seringkali menangkap hiu buta, hiu wobbengong, hiu port Jackson, hingga pari plastic yang tak mereka inginkan. Sekitar 10 persen dari tangkapan nelayan terdiri dari dua jenis ikan tersebut.

Apa yang terjadi saat hiu bertemu magnet?

Mengutip dari National Geographic, Vincent Raoult, ahli ekologi kelautan di University of Newcastle, Australia, mengatakan bahwa ia pun terkejut dengan suksesnya hal itu.

Penelitiannya yang berjudul Permanent magnets reduce bycatch of benthic sharks in an ocean trap fishery mengungkapkan bahwa pori-pori pada bagian kepala hiu dan pari, memungkinkannya mendeteksi arus listrik yang dihasilkan oleh kontraksi otot dari mangsa.

Pada dasarnya, ikan hiu dan pari dapat merasakan di mana target makanan mereka, meski mereka tidak dapat mencium atau bahkan melihatnya.

Namun, medan magnet kuat yang terdeteksi oleh hiu dan pari dapat membuat mereka kebingungan. Raoult menganalogikannya seperti saat membuka pintu tiba-tiba dihantam dengan bau yang kuat.

Penelitian dilakukan dengan cara menghalangi hiu dari perangkap dengan meletakkan kotak besar beserta umpan untuk membuatnya tertarik.

Kemudian, mereka juga meletakkan empat batang magnet tiga inci yang terbuat dari ferit di setiap corong.

Hasil penelitian

Penelitian dilakukan hampir delapan bulan dengan 1100 perangkap. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa perangkap dengan magnet dapat menangkap hiu 30 persen lebih sedikit daripada perangkap yang lain.

Yang menguntungkan, perangkap tersebut menarik 30 persen sisanya dengan ikan yang diinginkan seperti ikan kakap.

Hal ini tentu akan membantu proses konservasi hiu agar tidak mudah tertangkap dengan sembarangan dan hidup lebih lama di lautan. Magnet tersebut dapat membantu melindungi hiu yang terancam punah.

Dengan efisiensi tangkapan ini, maka nelayan melaporkan bahwa mereka bisa memasang lebih sedikit perangkap daripada sebelumnya. Hal ini tentu membantu pelestarian biota laut.

Sayangnya, medan magnet hanya berlaku sekitar 8 inci, ketika hiu telah menjulurkan kepalanya melewati magnet untuk mendapatkan umpan.

Dalam penelitian lain juga disebutkan bahwa magnet memiliki efek sebaliknya pada hiu biru dan hiu mako sirip pendek. Namun, hiu putih dan hiu banteng dapat terusir karena efek dari magnet.

Perlu diingat juga untuk tidak berenang dengan membawa magnet untuk mengusir hiu.