ZONAUTARA.com — Kehadiran kode-kode unik dan sandi untuk merahasiakan pesan memang telah ada sejak dahulu. Kode yang terlihat sulit untuk dipecahkan hanya butuh waktu hingga akhirnya terungkap, meski butuh waktu yang cukup lama.

Manusia pada dasarnya memang menyukai teka-teki. Dari teka-teki silang yang mudah, permainan di ponsel genggam anda, hingga kode komputer sampai sandi paling sulit sekalipun akan terasa menantang.

Masih banyak kode yang belum terpecahkan. Bahkan butuh waktu hampir 600 tahun bagi para peneliti untuk menyadari bahwa manuskrip Voynich merupakan salinan rip-off dari Women’s Health.

Berikut ini merupakan 5 kode paling menakjubkan dalam sejarah yang berhasil dipecahkan.

Zodiac Killer

Serial Zodiac Killer mungkin yang paling tak asing di telinga anda. Ceritanya telah diabadikan dalam sebuah film Bernama Zodiac oleh director film, David Fincher. Kode ini berasal dari sebuah surat yang berusia 51 tahun dari pembunuh Bay Area.

Kriptogram pertamanya diselesaikan pada tahun 1969, dan teka-teki itu berlanjut dengan 340 karakter yang membingungkan sekaligus menantang para kriptografer.

Copiale cipher

Sandi Copiale juga merupakan sandi yang telah banyak dibicarakan. Butuh tim dari dua negara untuk memecahkan sandi yang berusia 260 tahun itu. Manuskrip itu tak hanya beberapa ratus kata saja, namun 75000 karakter dan memenuhi 105 halaman.

Buku tersebut ditulis oleh sekelompok dokter mata dan dienkripsi dalam bahasa Jerman dengan kode substitusi yang kompleks. 16 halaman pertamanya membahas tentang inisiasi upacara masonik oleh ahli mata.

Poe’s Challenge

Tantangan Poe “The Gold Bug” selama ini dipercaya telah ditulis oleh Edgar Allan Poe karena ia suka dengan teka-teki. Ia telah mengklaim telah memecahkan ratusan entri kode.

Di tahun 2000 seorang insinyur perangkat lunak memecahkan kode tersebut. Namun, banyak penyusunan kesalahan hurufnya membuat peneliti tak yakin jika Poe benar-benar penulisnya. Meski begitu, kodenya sendiri masih tersimpan dengan penulis yang masih menjadi misteri.

The Zimmermann Telegram

Catatan ini dikirim dari Jerman ke Meksiko pada tahun 1917 dan ditujukan untuk duta besar Jerman untuk Meksiko, Heinrich von Eckardt. Saat itu, Jerman sedang mempersiapkan tetangga selatan Amerika untuk berperang atas nama Jerman. Sebagai imbalan, orang-orang Meksiko akan merebut kembali Arizona.

Sandi tersebut dipecahkan sebulan setelah penyadapan yang dilakukan oleh Room 40 Inggris dan menciptakan ketegangan antara AS dan Jerman.

Kode Enigma

Jika anda seorang pecinta teka-teki dan kode, maka anda pasti mengenal Kode Enigma. Kode Enigma dikembangkan oleh badan intelejen militer Jerman. Mesin enigma awalnya diciptakan pada tahun 1915 oleh perwira Belanda. Kemudian Alan Turing berhasil memecahkan kode ini.