bar-merah

Baru 22,98 persen warga divaksin, capaian vaksinasi Papua terendah secara nasional

ZONAUTARA.COM — Berdasarkan catatan, saat ini program vaksinasi Covid-19 di Indonesia belum merata dan jauh dari target meski telah dijalankan selama sembilan bulan.

Sementara, total target vaksinasi yang ingin dicapai pemerintah terdiri dari tenaga kesehatan, lanjut usia, petugas publik, masyarakat rentan dan masyarakat umum, maupun usia 12-17 tahun, sebanyak 208.265.720.

Saat ini, yang berhasil divaksin dari total tersebut sebanyak 96.882.855 dosis tahap pertama atau terealisasi sebesar 46,52 persen. Sedangkan, tahap dua baru tercapai 55.162.842 dosis atau 13,14 persen dari keseluruhan target.

Kondisi tersebut terjadi dilandasi dua alasan, berdasarkan keterangan Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi.

Pertama, Kemenkes telah memetakan daerah mana saja yang menjadi prioritas vaksinasi lantaran memiliki jumlah penduduk banyak dan kondisi pandemi Covid-19 yang tinggi di wilayah tersebut. Kedua, pemerintah daerah tak menggenjot secara maksimal program vaksinasi di wilayahnya masing-masing.

Saat ini masih terdapat sejumlah daerah dengan capaian vaksinasi terendah secara nasional. Data capaian itu diperoleh melalui situs resmi milik Kemenkes di https://vaksin.kemkes.go.id/, per 7 Oktober pukul 18.00 WIB. Dilansir dari CNNIndonesia.

Papua diketahui menjadi daerah dengan cakupan vaksinasi terendah secara nasional. Secara kumulatif hingga 7 Oktober Pukul 18.00 WIB, tercatat baru sebanyak 593.606 orang di Papua yang sudah menerima suntikan dosis pertama vaksin Covid-19.

Dari jumlah itu, diketahui kota Jayapura mencapai jumlah tertinggi, yaitu 154.487 orang, sementara, jumlah capaian terendah terjadi di kabupaten Nduga dengan 847 orang yang divaksin dosis 1.

Untuk capaian dosis kedua, secara kumulatif, Papua sudah melakukan vaksinasi terhadap 394.567 orang. Dari data itu juga terlihat, Kota Jayapura menyumbang jumlah terbanyak dengan 94.373 orang, sementara, Kabupaten Nduga paling sedikit dengan 7.216 orang yang sudah mendapat vaksinasi lengkap.

Jika ditotal dari keseluruhan target, saat ini di Papua hanya 22,98 persen yang telah mendapat vaksin dosis pertama dan hanya 12,24 persen yang telah mendapat dosis lengkap.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com