Hasil kerja sama berbagai pihak, Indonesia peringkat lima dunia vaksinasi terbanyak

Kontributor
Penulis Kontributor
Pelaksanaan program vaksinasi di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Jakarta Utara, pada Kamis (1/7). (Foto: BNPB)



ZONAUTARA.COM — Saat ini, Indonesia berada di peringkat lima dunia berdasarkan jumlah penduduk tervaksinasi dan peringkat enam dunia berdasarkan jumlah dosis.

Hal tersebut dinilai berhasil tercapai lantaran kerja sama dan kolaborasi yang baik dari berbagai pihak.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate pada Rabu (06/10/2021).

“Tentu hal ini tidak lepas dengan kolaborasi banyak pihak. Baik tenaga kesehatan, TNI, Polri, pemerintah daerah, pihak swasta, organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan elemen masyarakat lainnya yang terus menerus berpartisipasi dalam percepatan vaksinasi,” ujar Johnny.

Atas capaian tersebut, Johnny menyampaikan apresiasi terhadap masyarakat yang telah memiliki kesadaran tinggi terkait vaksinasi, serta mereka yang mengajak sanak saudara dan orang di sekitar untuk mengikutinya.

Apresiasi juga diberikan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program vaksinasi nasional yang tercatat melampaui target 2 juta dosis per hari pada September lalu.

“Capaian ini meningkat dari sebelumnya Indonesia menempati peringkat keenam di dunia. Ini menunjukkan upaya percepatan vaksinasi nasional berjalan dengan baik,” katanya.

Per Senin (04/10/2021), vaksinasi di Indonesia telah menjangkau sekitar 94 juta orang untuk dosis pertama dan 53 juta orang untuk dosis kedua. Jumlah ini mengungguli capaian Jepang di kisaran 80 juta orang untuk dosis pertama. Adapun vaksin yang telah disuntikkan adalah sebanyak 148 juta dosis.

Menurut Johnny, berbagai terobosan akan tetap dilakukan guna mempercepat capaian target 70 persen penduduk tervaksin di akhir 2021, antara lain dengan meningkatkan target vaksinasi harian menjadi 2,5 juta suntikan per hari, serta mempercepat distribusi vaksin ke daerah.

Saat ini, pemerintah pusat tengah bergerak cepat mendistribusikan vaksin ke kabupaten atau kota, sejalan dengan sentra vaksinasi yang dibuka sebanyak-banyaknya di berbagai tempat.

“Dukungan TNI Polri, Kemenkop UKM, BIN, BKKBN, OJK, swasta dan inisiatif masyarakat mempercepat vaksinasi di wilayah aglomerasi. Serta akselerasi program vaksinasi door to door dari BIN,” kata Johnny.

Menutup paparan, Johnny mengingatkan bahwa vaksinasi merupakan kunci pengendalian pandemi dan syarat mutlak menuju hidup berdampingan dengan Covid-19.

Untuk itu, masyarakat diimbau segera mengikuti vaksinasi dan diminta untuk tetap waspada, serta berdisiplin menjalankan protokol kesehatan ketat.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com