ZONAUTARA.com — Kondisi perekonomian daerah terus menunjukkan trend positif pada kuartal III tahun ini, ditandai dengan mobilitas masyarakat serta pelaku ekonomi yang semakin dinamis.

Menyambut kebangkitan ekonomi tersebut, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) berinisiatif menggulir North Sulawesi Goes to Indonesia Digital Conference (IDC) 2021.

North Sulawesi Goes to IDC 2021, merupakan side-event dari Indonesia Digital Conference 2021, iven digital terakbar akhir tahun yang dilaksanakan AMSI nasional pada November nanti.
Ada 8 pengurus AMSI provinsi yang digandeng sebagai penyelenggara, salah satunya Sulawesi Utara (Sulut).

“Jadi sepanjang Oktober hingga puncaknya nanti, kami menggelar iven webinar yang mengundang banyak stakeholders perekonomian, baik dari daerah maupun nasional, juga pakar dan para-pihak yang berkompeten bicara soal isu terkait,” jelas Ketua AMSI Sulut Agust Hari, bersama Sekretaris Supardi Bado, dan Bendahara Finda Morina Muhtar.

Hari ini, Sabtu 9 Oktober 2021, seri webinar AMSI Sulut akan dimulai, pukul 14.00 Wita, bertajuk “Transaksi Digital Menjawab Ekspektasi UMKM,” dengan menghadirkan tiga narasumber, yakni, Asisten Manajer KPW Bank Indonesia Sulut Nanda Perdana, Rivo Rolin Senior Regional Head OVO, serta Daniel Tampi Founder Kawanua Creative, dengan mengundang semua pihak yang antusias menyambut kebangkitan perekonomian daerah.

North Sulawesi Goes to IDC 2021 juga menjadi iven bertema digital economic terbesar bagi Sulut, menjelang tutup tahun. Agust menyatakan, AMSI Sulut merasa perlu mengambil peran dalam upaya akselerasi ekonomi daerah yang sempat kolaps dihantam pandemi.

Ada keniscayaan bahwa mulai 2022, kegiatan bisnis di Sulut terus bertransformasi ke dunia digital, seiring pertumbuhan pengakses internet yang mengalami pertumbuhan pesat.

Iven ini diharapkan menjadi momen stakeholders berbagi gagasan dan bernarasi untuk segera bangkit mengakselerasi ekonomi. Terlebih lagi, ini adalah peluang bagi pebisnis untuk mengenalkan produk dan jasa yang mereka kelola agar bisa diterima secara luas oleh pasar.

“Karena itu, AMSI selaku wadah kumpul para pengelola media siber melihat pentingnya gagasan menyambut digitalisasi perekonomian daerah, sehingga North Sulawesi Goes to IDC 2021 bisa menjaring ide-ide tersebut sebagai pemandu bagi pelaku bisnis untuk bergerak lebih leluasa tahun depan,” tuturnya.

Sedangkan, pada puncak pelaksanaan IDC 2021, yang rencananya dibuka Presiden Jokowi dan menghadirkan jajaran menteri, AMSI Sulut akan mengundang sejumlah kepala daerah untuk tampil secara virtual. Mereka nanti memaparkan penerapan teknologi digital di masing-masing daerah, termasuk juga persoalan lintas sektor seperti kepariwisataan.

“Karena itu kami mengajak pelaku bisnis dan ekonomi untuk bergabung bersama AMSI Sulut di kegiatan North Sulawesi Goes to IDC 2021, kita bersama membangun ekonomi lewat dunia digital,” ujar Sekretaris AMSI Sukut, Supardi Bado.