bar-merah

Calon jemaah haji dan umrah bakal divaksin booster, benarkah?

Sumber : Pexels

ZONAUTARA.COM — Kabar segera dibukanya umrah dan haji bagi jemaah Indonesia, Kemenkes dan Kemenag membahas sejumlah topik pengaturan teknis penyelenggaraan.

Teknis yang kini tengah digodok tersebut meliputi adanya kemungkinan pemberian vaksin ketiga dan juga proses karantina setelah tiba di bandara Arab Saudi.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi.

Nadia menjelaskan, ada kemungkinan pemberian vaksinasi dosis tiga atau booster vaksin Covid-19 untuk calon jemaah haji umrah Indonesia.

“Persetujuan awalnya untuk pembukaan umrah dan haji bagi jemaah Indonesia, nanti masih akan dilakukan pengaturan teknis bukan hanya soal vaksinasi dosis tiga pada calon jemaah tapi juga soal karantina, protokol kesehatan, dan hal lainnya termasuk mitigasi jika ada kasus positif,” kata Nadia, dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa (12/11/2021).

Sementara ini, kata Nadia, pemerintah sedang mengkaji skenario penambahan vaksin Covid-19 dosis tiga untuk masyarakat umum di tahun 2022. Hasil pembahasan ini bakal jadi model untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk calon jemaah haji dan umrah.

“Nanti kita lihat pembahasannya bagaimana. Untuk sementara, pemerintah juga sedang mengkaji vaksin booster di 2022 untuk masyarakat umum yang akan ditanggung pemerintah,” ucapnya.

Sebelumnya, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali, memastikan Kementerian Kesehatan Arab Saudi resmi mengizinkan penggunaan dua vaksin Sinovac dan Sinopharm bagi calon jemaah umrah.

Namun, jemaah haji umrah wajib disuntik salah satu vaksin lainnya seperti Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau Jhonson sebagai booster.


Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman Latief mengatakan, bakal berkoordinasi dengan Kemenkes terkait pemberian booster vaksin Covid-19 untuk calon jemaah haji dan umrah.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com