ZONAUTARA.com — Saat stres menyerang, kadang kala pernapasan menjadi tidak teratur dan jantung berdegup kencang. Anda tentu perlu memahami teknik pernapasan untuk menurunkan stres yang datang.

Kecemasan dapat dipicu oleh banyak hal, bisa dari lingkungan, maupun emosional. Setelah itu, respon fisiologis berupa pernapasan yang tak teratur menyusulnya. Beberapa teknik pernapasan ini dapat membantu anda meredam respon fisiologis tersebut.

Mengutip dari The Conversation, Derek Beres membeberkan empat teknik pernapasan untuk meredakan rasa cemas dan mengembangkan fokus anda.

Pernapasan alternatif lewat hidung

Setiap hewan di alam saja, mengetahui bahwa perlu dilakukan istirahat untuk menyimpan energi saat dibutuhkan. Begitu juga manusia. Perlu istirahat untuk menyimpan cadangan energi. Kecerobohan dalam menyimpan cadangan energi dan beristirahat akan membuat kita sangat lelah dan stres.

Emma Seppälä, direktur sains di Stanford Center For Compassion And Altruism Research And Education, mengungkapkan bahwa bernapas dapat mengubah keadaan pikiran kita. Ia merekomendasikan teknik pernapasan yoga yang cukup populer bernama Nadi Sodhana, yang juga dikenal sebagai pernapasan lubang hidung alternatif.

Caranya, letakkan telunjuk dan jari tengah tangan kanan di dahi anda. Lalu, gunakan ibu jari untuk menutup lubang hidung sebelah kanan. Tarik napas melalui lubang hidung sebelah kiri, lalu tutup lubang hidung sebelah kiri dan buang napas dari sebelah kanan. Ulangi metode ini selama dua menit kemudian bernapaslah dengan normal.

Bernapas dengan kuat

Jane McGonigal merekomendasikan salah satu teknik pernapasan yang juga populer di dunia yoga ini. Caranya, hembuskan napas dua kali selama menarik napas. Hal ini akan mengubah sistem saraf dari simpatik menjadi parasimpatik.

Focus word breathing

Teknik pernapasan ini juga secara tradisional dikenal sebagai mediasi mantra. Pilih kata yang memiliki arti bagi anda, dan ulangi kata tersebut setiap kali anda menghirup dan mengembuskan napas. Saat pikiran anda fokus pada pernapasan, maka kata-kata yang anda ucapkan akan tertanam secara mental merasuk ke dalam diri anda.

Pernapasan perut secara mendalam

Pernapasan ini juga terkenal dalam dunia yoga. Caranya cukup mudah, letakkan lengan anda di atas perut sambil berbaring, dan fokuskan perhatian anda di sana.

Kemudian, ambil napas dalam-dalam hingga terasa ke tangan anda. Fokuskan pikiran anda ke sana. Rilekskan otot jari kaki, tangan dan dahi anda, dan biarkan anda meleleh ke lantai.