ZONAUTARA.COM- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga bersama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw menghadiri launching “Tabungan Bohusami Perempuan Hebat” di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Selasa 19 Oktober 2021.

Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulut dan Bank SulutGo (BSG) serta OJK Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara.

Gubernur Olly Dondokambey memberikan apresiasi atas kehadiran Menteri PPPA Bintang Puspayaoga dalam rangka meningkatkan perempuan dan anak di Sulut.

Gubernur Olly memaparkan keadaan kesetaraan perempuan di Sulut, hal ini dapat dilihat dari jumlah Kepala Daerah Perempuan, Pemimpin Universitas, Forkopimda, hingga Pejabat Tinggi Pratama di Lingkup Pemprov Sulut terdiri dari 47 persen kaum perempuan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutan mengatakan, program penguatan usaha dengan permodalan bagi perempuan di daerah sangat penting, apalagi akibat pandemi Covid-19.

“Program Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat ini sangat bermanfaat karena bisa membantu ekonomi keluarga,” ungkapnya.

Menteri PPPA Bintang Puspayaoga dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pemprov Sulut atas berbagai upaya dan kerja nyata dalam rangka pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang membawa dampak besar bagi perempuan dan anak.

Menteri PPPA berharap program ini dapat dilaksanakan secara tepat dan terarah sehingga tepat sasaran. Serta berpesan kepada pihak BSG agar persyaratan dapat dibuat sesederhana mungkin.

Sekretaris TP-PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos yang juga sebagai Kepala Dinas PPPA, dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini adalah tindak lanjut dari salah satu arahan Presiden RI Joko Widodo, yaitu melakukan “Peningkatan Pemberdayaan Perempuan Dalam Kewirausahaan”.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama segitiga dari Dinas P3A, Disnakertrans dan Bank SulutGo. Dimana Disnakertrans memberikan pelatihan skill bersertifikat, DP3A memberikan bantuan peralatan spesifik sesuai kebutuhan skill pelatihan yang sudah dilakukan, dan BSG memberikan kredit Bohusami Perempuan Hebat tanpa jaminan, hanya dengan menunjukkan bukti sertifikat pelatihan.

“Pemberian bantuan ini diberikan kepada para perempuan hebat yang mandiri dalam menopang perekonomian dan kesejahteraan keluarga,” ucapnya.

Dalam acara ini, Kadis PPPA Kota Manado Ester Pepah Mamangkey, menyampaikan aspirasi mewakili 15 Kabupaten dan Kota.

“Program ini sangat membantu kaum perempuan di masa pandemi ini. Olehnya diharapkan program ini dapat diperbanyak sehingga dapat menjangkau lebih banyak perempuan di Sulut,” tuturnya. (Ronny)