ZONAUTARA.comPlatform pemutar musik memang sangat banyak jenisnya. Mereka berbondong-bondong membuat inovasi yang lain daripada yang lain. Spotify, salah satunya, telah membuat daftar putar (playlist) yang diperuntukkan khusus pada para hewan peliharaan.

Saat Anda memutar lagu di Spotify untuk menemani hari-hari Anda di rumah, mungkin hewan peliharaan Anda yang berada di atas matrasnya juga ikut mendengarkan. Namun, apakah lagu Anda memenuhi seleranya?

Spotify kini hadir membuat daftar putar yang dirancang khusus untuk anjing, kucing, burung, hamster, dan iguana. Cukup dengan buka aplikasi Spotify anda dan masuk (pets.byspotify) . Lalu pilih hewan yang sesuai, jawab beberapa pertanyaan tentang kepribadian hewan peliharaan Anda, dan Spotify akan melakukan sisanya, membuat daftar putar untuknya.

Tenang, daftar putar ini tak hanya diperuntukkan untuk hewan peliharaan Anda saja. Namun juga campuran apa yang cocok untuk hewan peliharaan Anda, dan juga yang sesuai dengan selera Anda di spotify.

Inovasi ini tentunya bukan sekadar mainan. Telah ada penelitian serius yang dilakukan mengenai hewan dan musik. Salah satunya yaitu penelitian dari Charles Snowdon di University of Wisconsin-Madison. Penelitiannya berjudul Cats prefer species-appropriate music dan telah diterbitkan di jurnal Applied Animal Behaviour Science.

Ia telah melakukan penelitian untuk memastikan hewan peliharaan untuk menyukai musik yang disukai oleh pemeliharanya. Jika mereka menyukai Mozart, maka peliharaannya pun akan mengikutinya. Selain itu, penelitiannya menunjukkan bahwa hewan cenderung menyukai suara yang mirip dengan yang ditemui para hewan di lingkungan mereka.

Pada penelitian lainnya di tahun tahun 2009, Snowdon berkumpul dengan pemain cello dan komposer David Teie untuk membuat dua lagu untuk hewan primata tamarin dengan rentang nada vokal monyet sekitar tiga oktaf lebih tinggi dari kita.

Hasilnya, saat mendengarkan lagu tersebut, detak jantung tamarin terpompa dua kali lipat. Bagi manusia, lagu-lagu itu tidak menyenangkan, tetapi tamarin merespons seperti yang diharapkan.

Nyatanya, hewan juga bisa merasakan musik seperti yang kita rasakan. Mulai sekarang, Anda bisa bersenang-senang dan mendengarkan lagu bersama dengan hewan peliharaan Anda lewat spotify pets.