ZONAUTARA.COM- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali mengingatkan soal peran Polri menjadi salah satu institusi yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Dirinya berpesan, jajarannya harus mampu mempertahankan tren positif yang sudah ada saat ini. Indonesia menjadi peringkat pertama se-Asia Tenggara dalam hal penanganan serta pengendalian Covid-19.

Semua itu,  merupakan berkat sinergitas, soliditas dan kerja keras seluruh stakeholders dan elemen masyarakat.

“Kegiatan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang berpotensi terjadi mobilitas masyarakat yang tinggi tentunya harus kita antisipasi dengan langkah-langkah untuk memperkuat protokol kesehatan. Khususnya rekan-rekan Kapolda yang menjadi penanggung jawab mengendalikan Covid-19,” kata Jenderal Sigit.

Kesiapan dan antisipasi mencegah laju pertumbuhan Covid-19, menurut Jenderal Sigit juga sebagai bukti di dunia Indonesia mampu melaksanakan kegiatan nasional maupun internasional di tengah Pandemi, dengan aman dan memperhatikan faktor kesehatan. Mengingat, kedepan Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaran acara tingkat dunia.

“Di satu sisi kegiatan besar akan kita laksanakan dan di satu sisi kita harus waspada angka Covid-19 tak meningkat. Kalau kita mampu akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Ini diharapkan seluruh masyarakat, ini harus kita kembalikan. Ini semua terjadi berkat kontribusi rekan-rekan dan dipertahankan menjadi tugas ke depan. Kewajiban kita menjaga situasi Kamtibmas kondusif sehingga semuanya berjalan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, warga yang berada di Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara juga berharap pemerintah dan aparat dapat lebih mengawasi soal protokol kesehatan.

“Saat ini sepertinya hampir semua orang sudah sangat lalai dengan protokol kesehatan, kemana-mana sudah tidak menggunakan masker dan jaga jarak,” ujar Yusuf, warga Bolmong.