ZONAUTARA.COM- Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Amin Lasena meresmikan usaha produksi minyak kelapa kampung dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bolmut yang produknya berlabel 9 Bintang, Selasa 16 November 2021.

Wabup mengapresiasi terhadap langkah PCNU Bolmut yang merespon dengan baik situasi sekarang ini dengan mendirikan UMKM.

“Selama masa pandemi melanda negeri bahkan dunia, terbukti UMKM mampu bertahan dengan moto peningkatan ekonomi,” kata Wabup.

Menurutnya, program PCNU Bolmut melalui lembaganya yang bergerak di bidang ekonomi tersebut, merupakan bagian dari sinergitas program Pemerintah.

“Program PCNU Bolmut tersebut, sejalan dengan program Pemerintah yang Salah satunya UMKM, dalam APBD 2022, melalui perintah Presiden Jokowi, Kabupaten/Kota se-Indonesia, harus memprioritaskan pemulihan ekonomi,” jelasnya.

Lasena berharap UMKM tersebut bisa berkembang pesat dan lebih luas jangkauan pemasarannya.

“Kedepan, bisa juga menggunakan pemasaran melalui Digital, biar bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia,” harapnya.

Sementara itu penanggung jawab UMKM 9 Bintang Zulkifli Dotinggulo mengatakan UMKM tersebut didirikan atas dasar dorongan dari semua pihak, terutama dorongan masyarakat lokal.

Jumlah maksimal yang saat ini bisa disuplai ke masyarakat, masih di angka 120 kemasan.

“Di minggu kedua, saat kita memulainya, maksimal yang bisa kami sediakan perhari baru berkisar 120 botol perhari. Sementara untuk kemasannya ada di botol kecil dan sedang,” jelasnya.

Sri Bua warga desa Ollot Kecamatan Bolangitang Barat mendukung keberadaan minyak kampung.

“Apalagi minyak kampung ini merupakan buatan warga lokal. Ini juga dapat membantu ibu rumah tangga seperti kami ini,” ungkapnya.