ZONAUTARA.com – Sebagian dari kita mencari buku self help ketika merasa butuh bantuan, sebagian lainnya akan mencari teman terdekat dan berbagi permasalahnnya. Di era yang serba digital, seseorang bisa melakukan hal itu pada orang-orang yang berada di balik gawainya.

Koneksi anonim dengan orang-orang yang belum pernah kita temui sebelumnya ini ternyata membawa manfaat. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, individu dapat memanfaatkan komunitas besar yang terdiri dari orang asing untuk meminta bantuan tentang hubungan mereka, dan menerima dukungan yang dipersonalisasi, kaya informasi, dan bebas dari tekanan sosial langsung.

Dengan banyaknya kelompok, subreddit, atau media di luar sana, orang dapat menemukan bantuan untuk masalah apa pun yang mereka miliki, seaneh apapun itu.

Saran hubungan online

Melihat lebih lanjut fenomena ini, Entwistle et al. memeriksa orang-orang yang membutuhkan nasihat hubungan atau yang menderita beberapa masalah pasca putus cinta. Penelitiannya diterbitkan dalam artikel ilmiah berjudul Dirty laundry: The nature and substance of seeking relationship help from strangers online.

Peneliti ingin mengetahui bagaimana peningkatan komunitas digital berpengaruh pada keinginan mereka dalam mendapatkan saran tentang hubungan. Berikut tiga temuan menarik yang mereka temukan:

Pria lebih cenderung mencari bantuan online

Dalam kehidupan nyata, wanita tidak hanya lebih cenderung melihat masalah dalam hubungan mereka, tetapi juga mencari bantuan. Namun, wanita yang beralih ke internet cenderung jauh lebih tua daripada pria. Jadi, pria muda lebih cenderung mencari saran hubungan dari orang asing dalam penelitian ini.

Pria lebih peduli tentang sakit hati, wanita tentang keuangan dan pelecehan

Di dunia nyata, bukti menunjukkan bahwa masalah terbesar kebanyakan pasangan atau hubungan adalah dalam komunikasi mereka. Tetapi ketika berbicara tentang internet, pria lebih cenderung berbicara tentang sakit hati dan kualitas pribadi pasangan, sementara wanita akan mencari nasihat tentang keuangan, pelecehan, jarak, dan pekerjaan rumah.

Pria fokus pada “kita”, sedangkan wanita lebih fokus pada “aku”

Dalam kata-kata yang digunakan pria dan wanita di forum hubungan online, wanita lebih cenderung menggunakan bahasa yang berfokus pada diri sendiri dan fokus pada kata-kata yang menggambarkan emosi negatif, kemarahan, dan kecemasan.

Sebaliknya, pria menggunakan lebih banyak kata “kita”. Mereka lebih fokus pada hal positif, dan menggunakan lebih sedikit kata yang terkait dengan emosi negatif.

Namun, penelitian ini masih memiliki kekurangan. Di antaranya tidak ada data jumlah pengguna subreddit yang diciptakan oleh peneliti. Jika pengguna pria lebih banyak, maka wajar jika hasilnya menunjukkan bahwa pria pun lebih banyak melakukannya.

Yang terpenting adalah, internet sering menawarkan jaringan dukungan yang dipersonalisasi dan anonim yang berguna bagi seseorang, ketika lingkungannya di dunia nyata kurang mendukung.