ZONAUTARA.com – Sepanjang hidupnya, Beethoven telah menelurkan karya-karyanya yang luar biasa, bahkan dapat dinikmati berbagai kalangan hingga sekarang. Sayangnya, karena kesehatan yang memburuk, yang ditinggalkan Beethoven untuk simfoni terakhirnya hanyalah beberapa sketsa musik.

Ketika Ludwig von Beethoven meninggal pada tahun 1827, dia telah mulai mengerjakan Symphony ke-10. Tetapi, karena kesehatannya yang memburuk, ia tidak dapat membuat banyak kemajuan.

Sejak itu, penggemar dan ahli musik Beethoven menyesali apa yang terjadi. Banyak upaya yang dilakukan, salah satunya adalah kerja tim sejarawan musik, ahli musik, komposer, dan ilmuwan komputer, visi Beethoven akan terwujud.

Ahmed Elgammal, pemimpin bidang kecerdasan buatan dari proyek tersebut, memimpin sekelompok ilmuwan di startup AI kreatif Playform, sebuah startup AI yang mengajarkan keseluruhan kerja Beethoven maupun proses kreatifnya.

Upaya yang pernah dilakukan 

Beethoven menyelesaikan Simfoni Kesembilannya pada tahun 1824, yang diakhiri dengan “Ode to Joy” yang tak lekang oleh waktu.

Tetapi ketika sampai pada 10th Symphony, Beethoven tidak meninggalkan banyak hal, selain beberapa not musik dan beberapa ide yang telah dia tulis.

Ada beberapa upaya masa lalu untuk merekonstruksi bagian-bagian dari Simfoni ke-10 Beethoven. Yang paling terkenal, pada tahun 1988, musikolog Barry Cooper memberanikan diri untuk menyelesaikan bagian pertama dan kedua. Dia menyatukan 250 bar musik dari sketsa milik Beethoven.

Anggota Tim

Mengutip dari The Conversation, Elgammal menceritakan bahwa pada awal 2019, Dr. Matthias Röder, direktur Institut Karajan, sebuah organisasi di Salzburg, Austria, yang mempromosikan teknologi musik, menghubungi Elgammal. Dia menjelaskan bahwa dia sedang membentuk tim untuk menyelesaikan Symphony ke-10 Beethoven dalam perayaan ulang tahun composer yang ke 250.

Röder kemudian menyusun tim yang mencakup komposer Austria Walter Werzowa. Werzowa ditugaskan untuk menyusun jenis komposisi baru yang akan mengintegrasikan apa yang ditinggalkan Beethoven dengan apa yang akan dihasilkan oleh AI. Mark Gotham, seorang ahli musik komputasi, memimpin upaya untuk menyalin sketsa Beethoven dan memproses seluruh karyanya sehingga AI dapat dilatih dengan benar.

Tim tersebut juga termasuk Robert Levin, seorang ahli musik di Universitas Harvard yang juga merupakan seorang pianis. Levin sebelumnya telah menyelesaikan sejumlah karya abad ke-18 yang tidak lengkap oleh Mozart dan Johann Sebastian Bach.

Rekaman lengkap Beethoven’s 10th Symphony dirilis pada 9 Oktober 2021, hari yang sama dengan pertunjukan perdana dunia yang dijadwalkan berlangsung di Bonn, Jerman.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id