ZONAUTARA.COM- Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar vaksinasi keliling, di wilayah Kelurahan Pandu Lingkungan V, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Kamis 2 Desember 2021.

Gerai vaksin keliling tersebut didirikan di halaman rumah keluarga Bawolele-Andisi. Pelaksanaan vaksinasi dipimpin Kasubdit Dokpol Biddokes Polda Sulut AKBP I Gede Dewa Bawa, melibatkan para dokter dan tenaga medis lainnya.

AKBP I Gede mengatakan, sasaran vaksinasi adalah remaja usia 12-17 tahun, dewasa, dan juga masyarakat umum.

“Sebelum divaksin, para peserta wajib mendaftar lalu diperiksa kondisi kesehatannya (screening). Kemudian dilanjutkan wawancara terkait riwayat penyakit dan penyakit bawaan. Dan apabila peserta dinyatakan lolos screening, kemudian dilakukan penyuntikan vaksin,” jelasnya.

Usai disuntik vaksin, para peserta wajib menjalani observasi selama 15-30 menit. AKBP I Gede menerangkan, jenis vaksin yang digunakan yaitu Sinovac, AstraZeneca, dan Pfizer.

“Jumlah pendaftar 68 orang, dan semuanya lolos screening, sehingga seluruhnya disuntik vaksin. Jumlah tersebut dengan perincian, dewasa 55 orang, remaja 9 orang, dan Lansia 4 orang,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, Polda Sulut dan jajaran terus mendukung upaya akselerasi vaksinasi untuk mencapai kekebalan kelompok, dalam rangka menekan laju penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

“Terima kasih kepada masyarakat yang sudah ikut vaksin. Bagi yang belum, diimbau segera mengikuti vaksinasi di lokasi terdekat. Mari bersama-sama kita lawan pandemi Covid-19 dengan disiplin protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi,” jelasnya.