ZONAUTARA.com – Pemerintah Indonesia menambah lagi pintu masuk kedatangan internasional bagi orang asing di tengah naiknya kasus Covid-19 dan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kini pintu masuk penerbangan internasional menjadi tujuh pintu, dengan bertambahnya Bandara Zainuddin Abdul Madjid di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menjadi pintu masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Penambahan pintu masuk ini sebagaimana tertera dalam Instruksi Menteri dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali.

Instruksi Mendagri tersebut dikeluarkan pada Senin (14/2/2022) yang ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Pada pengaturan Inmendagri 10/2022, terdapat penambahan pintu masuk udara, yaitu Bandara Zainuddin Abdul Madjid di NTB,” kata Direktur Jenderal Administrasi Wilayah Kemendagri Safrizal melalui keterangan tertulis, mengutip Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Pintu masuk bagi PPLN

Berikut daftar pintu masuk bagi PPLN yang resmi dibuka oleh pemerintah.

Pintu masuk udara

  1. Bandar Udara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten
  2. Bandar Udara Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur
  3. Bandar Udara Ngurah Rai di Denpasar, Bali
  4. Bandar Udara Hang Nadim di Batam, Kepulauan Riau
  5. Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
  6. Bandar Udara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara
  7. Bandar Udara Zainudin Abdul Majid di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Pintu masuk laut

Pemerintah juga membuka pintu kedatangan internasional melalui jalur laut.

  1. Tanjung Benoa di Provinsi Bali, yang dapat menggunakan kapal pesiar dan kapal layar
  2. Batam, Tanjung Pinang dan Lagoi Bintan di Provinsi Kepulauan Riau
  3. Nunukan di Provinsi Kalimantan Utara

Pintu masuk darat

Pemerintah juga memberikan ijin bagi PPLN untuk masuk melalui darat dengan membuka Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di:

  1. Aruk di Provinsi Kalimantan Barat
  2. Motaain di Provinsi Nusa Tengara Timur

Adapun untuk layanan pergantian dan pemulangan bagi Awak Kapal Warga Negara Asing (WNA) atau Awak Kapal Warga Negara Indonesia (WNI) di Kapal Berbendera Asing, dapat dilakukan di beberapa pelabuhan.

Seperti Belawan, Tanjung Balai, Karimun (Pulau Nipah dan Tg. Balai Karimun), Batam (Pulau Galang, Batu Ampat dan Kabil), Maerak, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Makassar, Benoa, Sorong, Ambon, dan Bitung.

Pengaturan teknis terkait pelaksanaan ketentuan tersebut dan pada masa transisi akan diatur lebih lanjut oleh Kementerian Perhubungan atau Satuan Tugas Penanganan Covid-19 atau Kementerian atau lembaga terkait.

Update Covid-19 15 Februari

Sementara itu, penambahan kasus Covid-19 di Tanah Air masih tinggi. Terkini sebagaimana yang disampaikan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19, hari ini, Selasa (15/2/2022) ada penambahan 57.049 kasus baru dalam 24 jam terakhir.

Secara akumulatif kini jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 4.901.328 kasus, dimana 4.349.848 sudah sembuh, bertambah 57.049 pasien sembuh dalam 24 jam terakhir. Satgas Covid-19 juga mengumumkan kasus kematian bertambah 134 kasus, total kasus kematian jadi 145.455 orang.

Kasus aktif terkonfirmasi positif Covid-19 per 15 Februari ada sebanyak 406.025 kasus.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id