ZONAUTARA.comTelegram salah satu aplikasi percakapan yang populer kembali melakukan pembaruan layanannnya. Dilihat dari situs telegram.org, beberapa tools yang diperbaharui adalah kontrol lebih leluasa terhadap unduhan (download) file, berbagi dokumen dengan cepat, mengatur ulang album media sebelum dikirim, dan mengubah saluran pengguna menjadi mirip stasiun TV, dan beberapa pembaharuan lainnya.

Berikut beberapa pembaruan yang dilakukan oleh Telegram:

Download manager

Pengguna Telegram kini dapat mengirim file jenis apa pun hingga berukuran 2 GB dan dapat mengaksesnya dari perangkat apa pun. Telegram menyediakan penyimpanan cloud tanpa batas. Saat file sedang diunduh secara aktif, ikon baru sekarang akan muncul di bilah Pencarian.

Ketuk ikon atau buka tab ‘Download‘ di tab Search untuk melihat dan mengelolanya. Pengguna dapat menjeda dan dan melanjutkan semua file yang didownload atau memilih file mana yang akan dilanjutkan unduhannya.

Pengguna juga dapat memilih salah satu file unduhan yang diprioritas sambil melihatnya di obrolan.

Telegram

Menu attachment baru

Saat mengirim beberapa foto atau video, ketuk ‘… selected‘ di bagian atas panel untuk melihat pratinjau tampilan album dalam obrolan saat dikirim dan pengguna bebas mengatur ulang atau menghapus media yang telah dipilih.

Di iOS, menu attachment telah didesain ulang sepenuhnya untuk mengikuti perkembangan di aplikasi Android. Pada opsi kamera kini hadir beautifully integrated dalam galeri dan bilah navigasi baru yang memberikan akses cepat ke foto, file, berbagi lokasi, dan lainnya.

Tersedia pula tab Files yang telah diperbarui yang menunjukkan file yang sedang dikirim dan memungkinkan anda mencarinya berdasarkan nama.

TelegramAntarmuka Semi-Transparan di Android

Dalam Night Mode, panel dan header memiliki efek transparansi yang halus dengan latar belakang obrolan, stiker, dan media yang lebih terang saat anda menggulir.

Telegram menyebut bahwa efek seperti ini belum pernah digunakan di aplikasi Android lainnya. Pembaruan ini menghadirkan teknologi visual terbaik di dunia di platform Android.

TelegramAlur Login yang didesain ulang

Di Android dan macOS, cara pengguna Login telah disempurnakan dengan animasi baru yang mulus. Di Android, perhatikan saat angka kode masuk anda meluncur ke kolom isiannya.

Sementara di Telegram untuk macOS, kode Matrix seperti jatuh di layar login berkode QR. Ada animasi bebek putih, Neo.

TelegramTautan nomor telepon

Saat ini siapa pun dapat membuat @namapengguna unik di halaman Settings. Opsi ini memberi orang lain cara mudah untuk menghubungi anda melalui Penelusuran atau tautan t.me/namapengguna yang sudah anda tetapkan tanpa membagikan nomor telepon anda.

Pembaruan ini juga memungkinkan pengguna untuk membagikan tautan t.me langsung ke nomor telepon pengguna yang langsung membuka obrolan dengan anda.

Secara alami, tautan hanya akan berfungsi jika pengaturan privasi pengguna memungkinkan orang lain menemukan anda melalui nomor telepon anda.

Live Streaming sengan aplikasi lain

Kini Grup dan Channel telah mendukung siaran live video broadcasts dengan peserta tidak terbatas. Telegram menyatakan telah belajar bahwa blogger dan jurnalis profesional semakin menggunakan live streaming Telegram untuk menjangkau pemirsa mereka.

Dengan pembaruan ini, pengguna dapat menghubungkan live streaming dengan aplikasi lainnya seperti OBS Studio dan XSplit Broadcaster.

Pengguna dapat menambahkan overlay dan tata letak multi-layar dengan mudah, mengubah saluran Telegram apa pun menjadi seperti stasiun TV profesional.

Untuk melakukan live streaming, pengguna dapat memulai Obrolan Video baru di grup atau Streaming Langsung di channel. Ketuk tombol ‘Start With‘ dan masukkan informasi ke alat streaming anda.

Untuk kualitas yang lebih baik, Telegram menyarankan menggunakan encoder x264 dalam OBS.

Pemirsa juga perlu memperbarui aplikasi mereka ke versi terbaru untuk menonton live streaming.

Halaman t.me baru

Dengan tautan t.me seperti t.me/durov, kini siapa pun kini dapat melihat profil, posting, atau seluruh channel publik yang dibagikan pengguna lain langsung di browser mereka.

Tautan yang t.me yang didapat bisa dilihat jika orang lain belum memiliki akun di Telegram.

Pratinjau web ini memiliki tampilan baru, dengan penambahan latar belakang obrolan dan elemen desain dari Telegram Web client berfitur lengkap.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id