ZONAUTARA.com – Dengan semakin meningkatnya tugas dan kesibukkan, sudah waktunya anda memiliki aplikasi yang mencatat semua hal yang bisa secara cepat anda buka sebagai pengingat. Berbagai aplikasi To-Do-List bertebaran di internet menawarkan berbagai kemampuan.

Dunia memang telah berubah secara drastis. Aplikasi To-Do-List yang kuat dan sepenuhnya diaktifkan tidak hanya menawarkan bantuan berkualitas untuk manajemen tugas tetapi juga dapat meningkatkan produktivitas yang membantu anda melacak hal-hal yang harus dilakukan.

Beberapa dari aplikasi To-Do-List ditawarkan secara gratis, beberapa berbayar, tetapi tujuan utamanya adalah menawarkan bantuan penjadwalan dan pengelolaan daftar tugas agar semuanya bisa diselesaikan tepat waktu.

Sebuah artikel di LifeHacker menyebutkan bahwa setidaknya ada 17 juta aplikasi atau perangkat lunak To-Do-List serta situs web yang tersedia, tetapi banyak diantaranya tidak berguna bagi anda.

Dibawah ini sedikit panduan, bagaimana anda memilih aplikasi atau perangkat lunak To-Do-List yang cocok bagi anda.

Tentukan metode manajemen tugas anda:

  • Bagaimana anda memberikan tugas ke grup?
  • Bagaimana penyelesaian tugas dan proses pemberitahuan?
  • Apakah anda mengizinkan orang lain untuk menambahkan detail tambahan atau ingin membuat detail tugas tetap singkat?
  • Bagaimana anda mencatat tugas-tugas anda?

Jawab pertanyaan-pertanyaan ini terlebih dahulu untuk menentukan metode manajemen tugas terbaik.

Hampir setiap aplikasi menawarkan fitur to do list sederhana, seperti mengatur daftar belanjaan. Namun, jika anda ingin menambahkan subtugas, lampiran, serta detail tambahan ke tugas yang sudah ada, yang biasa dilakukan oleh tim yang bekerja secara kolaboratif dalam sebuah proyek, anda memerlukan platform manajemen proyek yang lebih kuat.

Di bawah ini adalah daftar beberapa aplikasi To-Do-List terbaik untuk memungkinkan anda mengatur tugas dengan mudah dan meningkatkan produktivitas.

Dari penjadwalan tugas sederhana hingga manajemen tugas secara mendetail, semua aplikasi ini menawarkan semua yang dibutuhkan untuk manajemen tugas yang lebih baik.

1. Todoist

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Todoist telah ada di pasaran sejak lama. Namun, fitur-fiturnya tidak ketinggalan zaman. Aplikasi menawarkan berbagai fitur untuk mengatur atau menambahkan pelabelan kode warna ke tugas anda.

Aplikasi ini juga dirancang dengan visual yang indah. Ini memungkinkan anda untuk membuat sub-tugas, proyek, sub-proyek, dan dependensi. Anda bahkan dapat menambahkan tenggat waktu ke proyek tertentu dan memberi label daftar dengan warna berbeda.

Selain itu, Todoist memiliki integrasi dengan layanan lain seperti Sunrise Calendar, IFTTT, dan Google Drive.

Biaya – Gratis | $3 per bulan atau $29 per tahun

Tersedia di Web | Android | iOS | Windows | Chrome


2. Any.do

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Ini adalah salah satu aplikasi yang secara visual paling indah dan dirancang dengan baik. Any.do menawarkan antarmuka drag-and-drop dengan kemampuan untuk swipe tugas yang sudah selesai.

Salah satu keunggulannya adalah anda mendapatkan push notification di pagi hari tentang semua tugas yang harus dikerjakan hari itu.

Fitur lain yang keren adalah menghapus tugas hanya dengan menggoyangkan ponsel dan menambahkan tugas melalui perintah suara, memberikan tampilan dan nuansa modern.

Terlepas dari antarmuka pengguna yang menarik dan intuitif, integrasinya dengan Alexa dan Slack memungkinkan anda untuk berkolaborasi dengan mudah.

Ketersediaan lintas platform dan asisten penjadwalan yang luar biasa menjadikan apliaski ini pilihan yang sempurna untuk manajemen tugas yang efektif.

Biaya – Gratis | Premium dari $2,09/bulan

Tersedia di  Web | Android | iOS | Chrome


3. Microsoft To Do

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Sebelumnya, Microsoft telah membeli aplikasi daftar tugas populer Wunderlist, namun Microsoft kemudian membuat aplikasi Microsoft To Do, dan masa depan Wunderlist tidak pasti.

Microsoft To Do, adalah aplikasi penjadwalan tugas baru, yang menawarkan hampir semua fitur aplikasi daftar tugas yang ideal. Antar muka dan struktur bertema memberikan penjadwalan tugas yang lancar dan efisien.

Seperti yang ditawarkan oleh Microsoft, aplikasi ini sepenuhnya kompatibel dengan Windows 10 dan menawarkan aplikasi yang didukung UWP.

Gratis

Tersedia di Web | Android | iOS | Windows


4. Habitica

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Habitica adalah aplikasi pembentuk kebiasaan, yang tersedia di platform utama seperti Android dan iOS. Aplikasi ini memperindah hidup anda dengan mengubah tugas dan daftar tugas menjadi semacam permainan peran.

Anda dapat membeli perlengkapan yang berbeda dan naik level dengan mencoret tugas dari daftar. Namun, karakter anda kehilangan kekuatan dan kesehatan jika anda mengabaikan tugas atau gagal menyelesaikannya dalam jangka waktu yang ditentukan. Aplikasi ini menyediakan fitur yang sangat berguna untuk berbagi tugas dengan teman dan membangun daya saing ke dalam seluruh proses penyelesaian tugas.

Gratis

Tersedia di Web | Android | iOS | Chrome


5. Google Keep

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Google, untuk waktu yang lama, telah berjuang menghasilkan aplikasi produktif yang lebih baik. Dengan Google Keep, raksasa internet ini telah berhasil menghadirkan aplikasi kompetitif.

Google Keep adalah aplikasi pencatat dan daftar tugas sederhana yang menawarkan fungsionalitas sederhana dan intuitif dengan pelabelan berwarna serta kemampuan berbagi dengan tim.

Selain itu, sebagai produk Google, Google Keep terintegrasi penuh dengan penawaran Google lainnya seperti Google Documents dan Gmail, yang membuatnya sangat membantu.

Anda dapat berbagi catatan Google Keep dengan anggota tim untuk bekerja sama dalam proyek kecil. Google Keep akan secara otomatis menampilkan catatan atau daftar kerja untuk tugas tertentu hingga anda mengarsipkannya atau selesai mengerjakannya, yang membuat pengaturan semua daftar menjadi sangat mudah.

Gratis

Tersedia di  Web | Android | iOS | Chrome


6. Google Tasks

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Google Tasks adalah aplikasi penjadwalan tugas yang baru dirilis dari Google, yang sepenuhnya terintegrasi dengan Gmail, Google Kalender, dan aplikasi produktif lainnya yang ditawarkan oleh Google.

Aplikasi sederhana dan intuitif dengan desain material Google, Google Tasks memungkinkan anda menambahkan tugas di Gmail tanpa membuka jendela baru di desktop. Ini terbukti sangat membantu ketika perlu menambahkan email sebagai sebuah tugas untuk diingatkan nanti.

Google Tasks, yang juga tersedia gratis di Android dan iOS, memungkinkan anda memeriksa jadwal di perangkat seluler dan tetap diperbarui di setiap device yang terhubung.

Gratis

Tersedia di  Android | iOS


7. GTasks

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

GTasks adalah salah satu aplikasi daftar tugas paling populer dan berperingkat tinggi di Google Play. Aplikasi ini tersedia untuk diunduh secara gratis.

Versi gratisnya menawarkan beberapa fitur unggulan seperti sinkronisasi Google Tasks, widget, dan penjadwalan tugas melalui suara. Versi pro menawarkan keamanan tambahan dengan kunci pola, penjadwalan tugas dengan Google Now, dan tolls lainnya.

GTasks adalah yang terbaik untuk orang-orang yang mencari aplikasi daftar tugas yang sederhana namun efektif.

Biaya – Gratis (pembelian dalam aplikasi)

Tersedia di  Android | iOS


8. Memorigi

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Memorigi, merupakan aplikasi daftar tugas baru yang tidak hanya menghadirkan visual yang bagus dan intuitif, tetapi juga menawarkan beberapa fitur yang sangat berguna seperti sinkronisasi cloud, pengingat, dan integrasi cuaca, yang memberi anda informasi cuaca waktu nyata.

Meskipun mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri dengan struktur horizontal unik aplikasi ini, namun notifikasi seperti Facebook Messenger untuk setiap daftar tugas meningkatkan fleksibilitas penambahan tugas.

Versi gratis Memorigi seharusnya cukup untuk sebagian besar pengguna karena menawarkan hampir semua fitur yang diperlukan untuk penjadwalan tugas dasar. Namun, anda dapat memilih paket premium yang dimulai dari $1,99 per bulan.

Biaya – Gratis | Mulai dari $1,99 per bulan

Tersedia di  Android


9. OmniFocus 2

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

OmniFocus 2, khusu untuk pengguna iOS, adalah aplikasi daftar tugas terbaik dan sepadan dengan harganya karena mengatur semua tugas anda secara komprehensif.

Label berkode warna memudahkan untuk menambahkan dan mengidentifikasi tugas dan memasukkannya ke dalam inbox anda. Kemampuan untuk menambahkan tugas di folder atau daftar yang berbeda membuat pengelolaan tugas menjadi lebih efisien di OmniFocus 2.

Kompleksitas antarmuka aplikasi ini mungkin menantang bagi sebagian pengguna. Tapi aplikasi ini dapat menjadi pilihan yang sempurna.

Biaya – Dasar – $39.99 | Pro – $79,99

Tersedia di  iOS


10. Things 3

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Things 3 adalah aplikasi daftar tugas dasar lainnya yang bertujuan untuk menyelesaikan semua kekhawatiran penjadwalan tugas anda. Ini adalah salah satu aplikasi paling sederhana dan menarik dalam daftar.

Ini adalah opsi yang layak untuk pengguna iOS dalam hal penjadwalan tugas karena menawarkan ekstensi Google Chrome dan tetap diperbarui di browser saat bekerja.

Namun, menurut ulasan The Verge, kesederhanaan aplikasi ini bisa menjadi penghalang besar bagi banyak orang. Menurut ulasan, Things 3 juga kurang intuitif dan tidak sebanding dengan harganya.

Biaya – $9,99

Tersedia di  iOS | Chrome


11. ClickUp

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

ClickUp adalah aplikasi manajemen tugas dan proyek yang menawarkan banyak fitur praktis termasuk template penetapan tujuan, daftar periksa, dokumen, dan ruang penyimpanan.

Satu hal yang patut disoroti dari aplikasi ini adalah adaptasi Scrum Sprint untuk membantu meningkatkan produktivitas pribadi dan tim. Anda dapat menetapkan nilai poin unik untuk setiap tugas untuk mengukur poin di setiap sprint. Anda juga dapat dengan mudah mengelola Sprint untuk mengukur seberapa baik cakupan pekerjaan anda dan secara otomatis memindahkan tugas ke Sprint berikutnya.

Kelemahan dari aplikasi ini adalah, bagaimanapun, banyak fiturnya, yang bisa menjadi sedikit rumit bagi beberapa pengguna dan sedikit merepotkan mengajak tim bergabung.

Anda dapat mengunduh versi gratisnya untuk menikmati fitur dasarnya dengan penyimpanan 100MB, atau membayar $9 per bulan untuk penyimpanan tak terbatas dan fitur khusus.

Tersedia di Web | Android | iOS


12. TickTick

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

TickTick memungkinkan anda untuk menambahkan tugas, subtugas, pengingat khusus, tenggat waktu, serta tugas berulang selama sehari, seminggu, atau sebulan.

Untuk memberi lebih banyak kemudahan dalam penjadwalan tugas, TickTick, dalam versi pro-nya, menawarkan tampilan kalender yang bagus. Anda dapat menambahkan atau mengedit tugas setiap minggu atau setiap hari. Ini juga memiliki fitur eksperimental, yang dapat anda aktifkan jika ingin mencoba kemampuan versi beta-nya.

Seiring dengan aplikasi iOS dan Android, TickTick juga menawarkan aplikasi berbasis Windows serta Mac untuk bantuan yang lebih baik dalam manajemen tugas.

Biaya – $2,79 per bulan

Tersedia di Web | Android | iOS | Chrome


13. Ayoa

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Ayoa, adalah aplikasi manajemen tugas dan tim, yang memberikan bantuan kelas dunia dalam mengoordinasikan semua proyek anda. Ini adalah aplikasi manajemen tugas serbaguna, yang juga menawarkan koordinasi visual terbaik dengan jejaring terkait berbasis warna.

Gratis

Tersedia di  Web | Android | iOS | jendela


14. Remember The Milk

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Salah satu aplikasi daftar tugas tertua, Remember The Milk, adalah alat sederhana untuk menambah, mengatur, dan menyelesaikan tugas dengan cara termudah.

Aplikasi ini membantu mengidentifikasi semua tugas yang memiliki tanggal jatuh tempo dalam seminggu. Seiring dengan prioritas tugas otomatis, antar muka yang sederhana, intuitif, dan mudah adalah salah fitur terbaik dari aplikasi ini.

Integrasi dengan Google Kalender, Outlook, dan Gmail memungkinkan anda melihat dan memperbarui semua tugas anda di aplikasi yang menawarkan bantuan omnichannel ini.

Biaya – Gratis | $39,99 per tahun

Tersedia di Web | Android  | iOS  | Chrome


15. TeuxDeux

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Hampir semua aplikasi yang harus dilakukan memungkinkan anda menjadwalkan tugas untuk hari itu. Tapi bagaimana mengatur semua tugas selama seminggu? Di situlah TeuxDeux berbeda dari yang lain. Aplikasi yang berguna ini memungkinkan anda menjadwalkan dan mengatur semua tugas anda sepanjang minggu.

Cukup tambahkan tugas di bawah kolom hari dan selesai. Ingin memindahkan tugas dari satu kolom ke kolom lainnya? Jangan khawatir. Antarmuka drag-and-drop memungkinkan anda mengatur ulang tugas dan menambahkannya ke kolom hari yang berbeda. Selain itu, TeuxDeux memungkinkan Anda menambahkan tugas berulang selama sehari.

Biaya – $3 per bulan

Tersedia di  Web | iOS


16. Focuster

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Focuster adalah aplikasi penjadwalan tugas otomatis. Anda hanya perlu menambahkan semua tugas di bilah sisi kiri dan alat ini secara otomatis akan mengaturnya sesuai dengan prioritasnya. Setelah menambahkan semua tugas, cukup tekan tombol Now dan aplikasi ini akan menunjukkan tugas yang harus anda fokuskan untuk hari itu.

Selain menawarkan daftar tugas otomatis, Focuster hadir dengan banyak integrasi, yang menjadikannya salah satu aplikasi daftar tugas yang paling kuat.

Biaya – Mulai dari $9.99/bulan

Tersedia di  Web | Chrome


17. Momentum

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Momentum adalah halaman awal berbasis browser dan aplikasi daftar tugas, yang tersedia sebagai ekstensi pada browser web populer seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Aplikasi ini menawarkan wallpaper baru setiap hari ketika anda membuka browser dengan fitur luar biasa seperti daftar tugas, pencarian Bing dan Google, laporan cuaca, waktu, dan kutipan inspirasional yang unik.

Momentum menawarkan daftar tugas dan sinkronisasi antar perangkat dalam paket gratisnya, meskipun sebagian besar fitur bergunanya tersedia dalam versi premium. Fitur-fitur tersebut antara lain autofokus, catatan, jam kerja, pengingat, dan masih banyak lagi.

Momentum adalah yang terbaik untuk pengguna yang menghabiskan sebagian besar waktunya menjelajahi internet dan membutuhkan bantuan untuk menambahkan tugas dan mencatat dengan cepat.

Biaya – Gratis | $2,50 per bulan

Tersedia di Chrome | Firefox


18. Asana

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Asana adalah aplikasi daftar tugas yang berorientasi bisnis. Ini paling cocok untuk tim yang lebih besar yang sering berkolaborasi.

Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur terbaik yang tersedia, seperti kategori tugas, opsi penandaan, dan penyortiran mendalam, serta banyak cara untuk menambahkan informasi tambahan ke daftar tugas.

Salah satu fitur yang paling disukai dari aplikasi ini adalah ia menawarkan utas terpisah untuk setiap tugas, yang menyelesaikan semua kekhawatiran komunikasi. Anda dapat berbagi atau mendiskusikan tugas hanya dengan mereka yang terlibat, tanpa mengganggu orang lain.

Asana memang menawarkan sejumlah fitur yang layak dalam paket gratisnya tetapi versi pro jauh lebih berguna dan paling cocok untuk tim berukuran besar.

Biaya – Gratis | $9,99 per pengguna per bulan

Tersedia di  Web | Android | iOS


19. Basecamp

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Basecamp adalah salah satu aplikasi paling populer untuk manajemen tugas. Dalam alat manajemen proyek yang sepenuhnya diaktifkan, Basecamp menawarkan fitur berorientasi bisnis seperti manajemen pencapaian, berbagi file, pelacakan waktu, dan pesan seperti forum.

Fitur daftar tugas Basecamp bekerja seperti Asana, yang menawarkan utas terpisah untuk setiap tugas. Anda dapat menetapkan tugas ke anggota tim dengan tanggal jatuh tempo dan menambahkan detail tugas dalam bentuk komentar.

Meskipun Basecamp adalah aplikasi yang sepenuhnya premium, anda dapat menggunakan uji coba gratis 30 hari dengan mendaftar menggunakan alamat email.

Biaya – Mulai dari $99/ bulan

Tersedia di  Web | Android | iOS


20. Trello

20 Aplikasi To-Do List Terbaik untuk Melacak Berbagai Hal di 2022

Trello, adalah aplikasi daftar tugas yang populer dan alat manajemen tugas, menawarkan fitur seperti fungsionalitas drag and drop dan pelabelan kode warna. Ini juga memungkinkan anda mengatur tugas dengan cara seefisien mungkin.

Aplikasi ini mengikuti struktur “boards” dan “cards” sendiri, yang memungkinkan anda untuk memisahkan semua proyek (board) dan kemudian menambahkan tugas dan subtugas (card) ke dalamnya. Card, menawarkan kemampuan untuk menambahkan catatan, daftar periksa, serta tenggat waktu.

Tampilan kalender yang bagus dan berkilau dari aplikasi ini menunjukkan kepada anda semua tugas untuk hari ini, yang sungguh menakjubkan. Integrasi Trello dengan aplikasi populer seperti Dropbox, Box, dan Google Drive menjadikannya pilihan pertama untuk bisnis besar.

Biaya – Gratis | Kelas bisnis $9,99 per pengguna per bulan | Perusahaan $20,83 per pengguna per tahun

Tersedia di  Web | Android | iOS  | Windows


Kesimpulan

Menggunakan aplikasi daftar tugas atau To-Do-List adalah salah satu metode manajemen tugas yang paling mudah. Aplikasi daftar tugas menawarkan kontrol penuh untuk menambahkan, mengatur, dan menyelesaikan tugas dalam sekejap.

Selain itu, aplikasi To-Do-List memastikan bahwa perekaman tugas dilakukan dengan benar dan memantau kemajuan proyek serta tim. Namun, anda perlu melakukan riset untuk menemukan aplikasi To-Do-List atau platform manajemen tugas terbaik tergantung pada kebutuhan anda.

Pilih aplikasi To-Do-List terbaik untuk anda dari daftar di atas untuk membuat manajemen tugas menjadi mudah dan sederhana. Semua aplikasi yang dibahas juga memungkinkan kerja tim dengan koordinasi yang selaras, yang membantu meningkatkan produktivitas.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id