ZONAUTARA.COM — Tugu Trikora di pulau Lembeh, Kota Bitung menjadi lokasi gathering pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH) yang sedang merayakan hari ulang tahun ke-15, Senin (25/07/2022).

Kegiatan gathering tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat Pemerintah Kota Bitung, diantaranya, Pj. Sekretaris Daerah Kota Bitung Rudi Theno, Assisten 1 Kota Bitung Julius Ondang dan Kepala Dinas Sosial Kota Bitung Leddy Ambat.

Hadir pula Korwil PKH Sulut 1 Noldy Mangerongkonda, Korwil PKH Sulut 2 Richard Mongkaren, serta Korkot PKH Kota Bitung Marshall R.J Karundeng, S.H.

Jajaran Pemerintah Kota Bitung, bersama Korwil PKH Sulut, dan Korkot PKH Bitung (Foto: Novita Wenzen/zonautara.com)

Selain jajaran pejabat di lingkup Pemerintah Kota Bitung, hadir juga SDM PKH se-Sulawesi Utara dari 15 kabupaten/kota yang ada di Sulut.

Koordinator PKH Wilayah Sulut 1, Noldy Mangerongkonda, dalam laporannya menjelaskan soal seringnya komplain yang diajukan oleh masyarakat, soal anggapan hanya orang tertentu yang menjadi penerima bantuan PKH.

Korwil PKH Sulut 1 Noldy Mangerongkonda saat menyampaikan laporan PKH Sulut, Senin (25/07/2022) (Foto: Bios Lariwu).

Menurutnya Noldy, ada tiga komponen dan tujuh kategori penerima bantuan PKH.

Dari segi pendidikan dibedakan menurut jenjang yakni SD, SMP dan SMA. Sementara dari segi kesehatan dibedakan antara ibu hamil serta balita. Begitu pula dari sesi kesejahteraan sosial yakni lansia 60 tahun ke atas dan penyandang disabilitas.

“Mengapa tidak semua menerima PKH, karena dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), tidak semua ada kriteria ini, kategori-kategori ini. Jadi, biar pun masyarakat prasejahtera, masuk dalam DTKS, tapi kalau tidak ada salah satu syarat sebagai penerima PKH, itu tidak masuk PKH,” terang Noldy.

Noldy berharap, sesuai dengan tema gathering HUT PKH ke-15 ini, “Mengabdi Untuk Negeri Hadir Sebagai Solusi,” para pendamping dapat bekerja lebih maksimal.

“Semoga para pendamping bekerja lebnih giat, dan bekerja keras demi Indonesia hebat,” ucapnya.

Pj. Sekda Kota Bitung Ir. Ign. Rudi Theno, S.T., M.T., saat memberi sambutan di gathering PKH Sulut.

Acara gathering juga dimeriahkan dengan berbagai lomba yang diikuti oleh seluruh SDM PKH dan KPM PKH yang hadir.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id