ZONAUTARA.com – Meski pandemi Covid-19 belum benar-benar berakhir, namun perjalanan mendatangi destinasi-destinasi wisata di dunia telah bergeliat kembali.

Setelah beberapa tahun terkurung dengan berbagai aturan pembatasan karena pandemi, kemana para pejalan memilih pergi menghabiskan liburan mereka?

Majalah Travel +Leisure (T+L) melakukan survei, destinasi mana sajakah di dunia ini yang paling menarik untuk dikunjungi para pejalan.

T+L setiap tahun melakukan survei global tahunan yang mengungkap pengalaman perjalanan terbaik di seluruh dunia. Dalam survei tersebut, pembaca diminta untuk menilai berbagai hal, termasuk pulau favorit untuk dikunjungi.

Pulau-pulau dinilai berdasarkan beberapa kategori, termasuk aktivitas, pemandangan, tempat wisata alam dan pantai, makanan, serta keramahan penduduknya

Setiap kategori diberi skor sangat baik, di atas rata-rata, rata-rata, di bawah rata-rata, atau buruk. Dari sana, penghitungan akhir setiap pulau dihitung, berdasarkan skor rata-rata di semua kategori.

Berdasarkan skor yang dibuat T+L itu, inilah 5 pulau teratas yang sangat layak dikunjungi.

1. Ischia, Italia

Terletak di teluk Napoli sekitar satu jam perjalanan dari daratan, pulau vulkanik yang menawan ini menempati urutan pertama karena desa-desanya yang menawan, pantai-pantai yang masih asli, dan penduduk setempat yang ramah.

Pulau ini juga terkenal karena sumber air panasnya, yang mudah diakses dengan taksi atau transportasi umum.

2. Maladewa

Terkenal dengan perairan biru mudanya, responden menempatkan Maladewa sebagai tujuan pulau favorit kedua mereka.

Terletak di Samudra Hindia, kumpulan pulau ini terkenal dengan pantai yang menakjubkan, serta aktivitas snorkeling dan menyelam yang sangat baik.

Dengan berbagai resor mewah, Maladewa juga merupakan tujuan bulan madu yang populer.

3. Bali, Indonesia

Pulau Indonesia ini menempati urutan ketiga dalam daftar karena keindahan alamnya yang indah, budaya yang kaya, dan beragam kegiatan luar ruangan seperti selancar, menyelam, dan hiking.

Bali juga terkenal dengan seni, musik, dan pertunjukan tari tradisionalnya. Sebagai satu-satunya provinsi yang mayoritas penduduknya beragama Hindu di Indonesia, pengunjung mendapat kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang agama Hindu Bali.

4. Milos, Yunani

Terletak di Laut Aegea, Milos sangat disukai oleh pengunjung karena pantainya yang tenang. Dan sementara pulau itu adalah tujuan wisata yang populer, ia menawarkan kecepatan yang sedikit lebih lambat daripada tetangganya Santorini atau Mykonos.

Pemandangan di Milos, Yunani (Foto: Wikimedia Commons)

5. Kepulauan Fiji

Kelompok pulau terpencil di Samudra Pasifik Selatan ini menempati peringkat kelima dalam daftar karena kehidupan lautnya yang kaya dan penduduknya yang ramah.

Terkenal karena penyelamannya yang luar biasa, tempat ini diberi label sebagai “ibukota karang lunak dunia”.

Berdasarkan wilayah

Tujuh dari 25 tujuan pulau teratas berada di Eropa, menjadikannya yang pertama dalam daftar berdasarkan wilayah. Asia Tenggara berada di urutan kedua, dengan enam pulau di 25 teratas.

Wilayah#dari 25 pulau teratas
Eropa7
Asia Tenggara6
Karibia3
Amerika Utara3
Samudera Pasifik2
Oceania2
Asia Selatan1
Amerika Selatan1

Seperti yang ditunjukkan data, sebagian besar pulau memiliki peringkat tinggi karena pantainya yang indah dan kehidupan laut yang berkembang.

Namun, ada beberapa outlier dalam daftar. Salah satu contoh outlier yang baik adalah Pulau Mackinac, yang sangat disukai karena atraksi sejarahnya (Pulau Mackinac adalah rumah bagi benteng kolonial yang dibangun pada abad ke-18).

Satu hal yang jelas dari peringkat ini—apakah Anda seorang penyelam, penggemar sejarah, atau pecinta kuliner, ada sejumlah destinasi pulau kelas dunia yang menawarkan pengalaman seumur hidup.

Keindahan pulau Bali (Foto: Wikimedia Commons)

Berikut daftar lengkap 25 pulau terbaik untuk sepanjang tahun 2022:

  1. Ischia, Italy
  2. Maldives
  3. Bali, Indonesia
  4. Milos, Yunani
  5. Fiji Islands
  6. Galapagos Island, Ekuador
  7. Phuket, Thailand
  8. Dominica
  9. Boracay, Filipina
  10. Cape Breton Island, Nova Scotia
  11. Palawan, Filipina
  12. Paros, Yunani
  13. Azores, Portugal
  14. Phu Quoc, Vietnam
  15. Moorea, French Polynesia
  16. Cebu, Filipina
  17. Ibiza, Spanyol
  18. St. Vincet and the Grenadines
  19. Madeira, Portugal
  20. Maui, Hawaii
  21. Anguilla
  22. Crete, Yunani
  23. Mackinac Island, Michigan
  24. Island of Hawaii
  25. Kiawai Island, South Carolina



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id