bar-merah

5 strategi konten SEO Lokal agar sukses di dunia online

SEO lokal
Ilustrasi strategi SEO Lokal (Foto: Pixabay.com)

ZONAUTARA.com – Jika website anda fokus pada pasar atau bisnis secara lokal, atau menyasar audience yang terfokus dalam komunitas kecil, anda harus memahami strategi search engine optimization (SEO) lokal.

Anda harus memahami teknik SEO menulsi konten yang tepat untuk bisnis lokal dan audience terfokus. Tujuannya adalah, agar artikel dan website yang anda kelola muncul di hasil pencarian.

Tapi bagaimana anda menulis konten untuk bisnis lokal yang akan muncul di hasil pencarian? Pada aspek apa anda harus fokus? Dalam artikel ini, akan dipaparkan tips yang dapat anda gunakan untuk mengatur strategi pemasaran konten SEO lokal Anda sendiri.

SEO lokal untuk bisnis lokal

Saat anda bertujuan untuk menentukan peringkat untuk hasil penelusuran lokal , anda ingin orang-orang di lingkungan kecil seperti di desa, atau kota tertentu menemukan dan mengunjungi situs web anda.

Dalam kebanyakan kasus, tujuan anda bukanlah untuk menjual langsung melalui situs web anda. Secara umum, situs web anda mungkin membantu orang untuk menemukan toko anda, atau untuk mempekerjakan anda karena keahlian anda.

Situs web yang berfokus pada pemirsa lokal berbeda dengan situs web yang berfokus pada pemirsa nasional atau global. Dalam kebanyakan kasus, ketika pengunjung tertarik dengan layanan anda, anda akan berinteraksi secara pribadi dengan mereka, baik itu tatap muka, melalui panggilan video, atau panggilan telepon.

Pesaing anda adalah pengusaha lokal lainnya di niche spesifik yang anda ambil. Mungkin anda benar-benar tahu siapa saja yang menjadi pesaing anda.

[toc]

Apa itu pemasaran konten lokal?

Pemasaran konten berarti membuat konten (tertulis, audio, atau visual) yang menarik perhatian calon pelanggan, menarik minat mereka, dan menunjukkan kepada mereka tentang bisnis anda.

Tujuannya bukan hanya membuat orang mengklik dan kemudian mempromosikan bisnis anda kepada mereka. Pemasaran konten adalah tentang memberi orang konten yang mereka sukai atau anggap bermanfaat, sehingga mereka mengenal anda dan terus kembali.

Pemasaran konten untuk bisnis lokal dan SEO lokal bekerja dengan cara yang persis sama. Sebagai bisnis lokal, anda mungkin menghadapi beberapa tantangan yang berbeda dari pesaing yang lebih besar, tetapi anda mungkin akan memiliki beberapa keuntungan yang berbeda juga!

Misalnya, perusahaan besar mungkin memiliki lebih banyak sumber daya untuk dibelanjakan pada konten dan SEO. Namun, mereka mungkin tidak mengenal pelanggan mereka seperti yang anda lakukan sebagai bisnis lokal.

Pelanggan mungkin hanya angka di layar bagi mereka! Dan pelanggan mereka mungkin juga tidak tahu siapa yang sebenarnya melakukan pekerjaan di balik situs web perusahaan besar itu.

Dengan menggunakan pengetahuan lokal anda, menunjukkan pendekatan pribadi anda, dan itu harus terlihat, dapat dijangkau, dan otentik, Anda dapat membuat konten yang bagus untuk bisnis lokal anda.

1. Lakukan riset kata kunci

Kueri lokal mana yang digunakan audiens anda saat menelusuri jenis bisnis anda? Anda harus masuk ke dalam pikiran audiens dan mencari tahu apa yang mereka cari.

Untuk sebagian besar kueri penelusuran lokal, orang akan benar-benar menggunakan nama kota atau desa saat menelusuri sesuatu. Misalnya, mereka akan mengetik [tukang ledeng Manado] atau [terapis Yogyakarta].

Namun meskipun orang tidak menggunakan istilah lokal dalam kueri penelusuran mereka, Google mungkin akan mengenali kueri mereka sebagai penelusuran lokal. Mencari [dokter gigi] di kampung halaman akan memberi saya hasil yang serupa (tetapi tidak identik) seperti mencari [dokter gigi di kota].

Google akan memberikan hasil penelusuran berdasarkan lokasi anda jika mereka mengenali kueri sebagai maksud penelusuran lokal. Ini juga diperhitungkan untuk pencarian di dekat saya.

Riset kata kunci bisa jadi sulit. Tetapi karena anda, sebagai pengusaha lokal, secara teratur berbicara dengan audiens anda, anda memiliki keuntungan besar.

Tanyakan kepada mereka tentang perilaku pencarian mereka! Tanyakan kepada pelanggan favorit anda apa yang mereka cari saat pertama kali mengunjungi situs web anda. Atau apa yang akan mereka cari jika mereka mencari jenis bisnis anda. Itu informasi yang berharga. Namun, jangan berhenti di situ! Pikirkan juga istilah pencarian lainnya agar tidak kehilangan audiens.

2. Tulis headline ‘lokal’

Pastikan potongan halaman web anda yang ditampilkan Google di hasil pencarian dioptimalkan untuk SEO lokal . Anda ingin melakukannya karena Google akan tahu bahwa anda berfokus pada audiens lokal, tetapi anda juga ingin melakukannya karena audiens akan mengenali anda sebagai bisnis lokal.

Pemirsa anda menelusuri tukang ledeng di sekitar, toko roti di sudut jalan, atau tukang kayu yang akan datang ke rumah mereka. Mereka akan mengklik hasil yang menunjukkan bahwa mereka berada di area mereka. Ini penting untuk pencarian lokal.

Pastikan cuplikan anda jelas tentang di mana bisnis anda berada. Pastikan judul posting dan halaman anda jelas tentang itu. Gunakan pratinjau Google SEO Yoast untuk melihat seperti apa cuplikan anda (mungkin) akan terlihat di hasil pencarian.

3. Buat kesan yang luar biasa

Setelah anda meyakinkan orang untuk mengklik cuplikan anda di hasil pencarian, anda harus meyakinkan mereka untuk tetap berada di situs web anda (dan tidak terlalu cepat pergi).

Rasio pentalan yang tinggi pada akhirnya akan menghasilkan peringkat yang lebih rendah, jadi anda ingin membuat kesan pertama yang luar biasa. Ketika anda seorang terapis, dokter, penata rambut, atau tukang kayu, pada dasarnya anda harus menjual diri anda sendiri. Orang-orang ingin tahu dengan siapa mereka berhadapan!

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pemasaran konten untuk SEO lokal benar-benar dapat mengambil manfaat dari sentuhan pribadi anda. Salah satu kelemahan situs web perusahaan yang besar adalah mereka dapat merasa jauh dan impersonal. Bahkan foto asli karyawan mereka bisa terlihat seperti foto stok. Dan itu berarti hanya dengan menjadi diri sendiri, anda mendapatkan keuntungan yang mudah!

Gambar yang bagus adalah kunci untuk membuat kesan pertama yang kuat. Situs web anda harus mencerminkan bisnis anda. Jika anda menawarkan jasa atau toko fisik, pastikan untuk memublikasikan beberapa foto bisnis anda yang dioptimalkan dengan kualitas tinggi – di situs web Anda.

Video juga merupakan cara yang bagus untuk mempresentasikan bisnis anda kepada audiens. Selain menggunakan gambar atau video yang bagus, anda mungkin juga ingin mulai menulis!

4. Tulislah blog

Untuk menentukan peringkat di hasil pencarian lokal, anda harus menulis konten yang terkait dengan bisnis lokal anda. Blog adalah strategi konten yang hebat, dan berfungsi dengan baik untuk pemasaran konten lokal dan SEO.

Tulis tentang apa yang anda ketahui dan apa yang mungkin menarik bagi kelompok sasaran anda! Jika anda seorang tukang kayu, anda harus menulis tentang proyek anda dan buat itu terlihat bahagia bagi pelanggan Anda. 

Jika anda seorang dokter gigi, anda harus menulis tentang masalah gigi yang paling umum. Jika anda seorang penjual bunga, tulis tentang karangan bunga anda yang indah! Tulis tentang pelanggan anda juga.

Testimoni lokal sangat bagus, seperti halnya peringkat dan ulasan. Jika orang sangat puas, mereka pasti dapat menulis ulasan di situs web anda. Cerita mereka bisa juga diceritakan dalam posting blog. Menulis tentang acara lokal juga merupakan strategi konten yang bagus untuk SEO lokal.

Dalam strategi konten SEO lokal apa pun, Anda harus memastikan bahwa konten blog anda berhubungan dengan komunitas lokal. Dan tentu saja, optimalkan posting anda untuk kata kunci yang anda buat selama penelitian kata kunci Anda.

5. Gunakan media sosial

Facebook dan Instagram harus menjadi bagian dari strategi konten SEO lokal. Orang-orang terhubung dengan orang lain dari seluruh dunia tetapi paling rentan untuk terhubung dengan orang-orang dalam jarak dekat.

Kita paling sering berinteraksi dengan orang-orang yang juga kita lihat dalam kehidupan nyata. Jika anda memiliki bisnis lokal, anda bisa mendapatkan keuntungan dari ini.

Pastikan untuk memberi tahu audiens lokal anda dengan banyak postingan di Facebook dan bagikan foto dan cerita proyek anda di Instagram. Jika anda dapat menulis tentang – atau, bahkan lebih baik, bersama dengan – pelanggan anda, hal itu akan meningkatkan peluang audiens anda akan berbagi dan terlibat dengan postingan anda.

Beriklan di Facebook juga bisa sangat menguntungkan. Anda dapat dengan mudah mempersempit iklan anda ke audiens (lokal) tertentu. Itu bisa menjadi metode yang bagus, karena biaya untuk iklan lokal di Facebook tidak terlalu tinggi.

Apa pun yang anda posting di Facebook, selalu pastikan itu terlihat bagus. 

Cobalah plugin SEO Lokal Yoast

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya: plugin Yoast Local SEO  membuat penerapan strategi SEO anda menjadi lebih mudah.

Plugin SEO lokal mencakup semua jenis hal teknis, seperti Schema.org untuk bisnis lokal , yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan peringkat di hasil pencarian lokal.

Selain itu, ini akan membantu anda menyiapkan laman landas lokal yang sangat baik , dan akan memungkinkan anda untuk menambahkan fungsionalitas yang diperlukan sebagai bisnis lokal.

Setelah selesai, anda dapat benar-benar fokus pada peningkatan SEO dengan menulis konten terbaik untuk bisnis lokal Anda!

Sumber: Yoast.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com