Apa itu Islamic Boarding School? Ini penjelasan dan cara memilihnya

Laras Dondo
Penulis Laras Dondo
Ilustrasi dari IStock.com

ZONAUTARA.com – Beberapa tahun terakhir ini, Islamic Boarding School semakin populer dan dikenal banyak orang. Hal ini bukan tanpa alasan karena sekolah tersebut banyak dipilih orang tua untuk pendidikan anaknya. Dimana siswa yang sekolah disitu tidak hanya belajar pendidikan ilmu pengetahuan saja, melainkan juga pendidikan keagamaan.

Islamic Boarding School sendiri merupakan sekolah berbasis agama islam dengan fasilitas asrama. Dari pengertian tersebut diketahui jika siswa yang sekolah di sana akan tinggal jauh dari orang tua. Semua kegiatan selama di asrama sudah terjadwal dengan baik dan mendapatkan pengawasan yang begitu ketat.

Tentu ini akan membuat anak Anda menjadi mandiri dan akan menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa. Lantas, bagaimana cara memilih Islamic Boarding School ? Simak ulasannya dibawah ini.

1. Yakinkan diri sendiri dulu

Tinggal jauh dari anak bukanlah suatu yang mudah, terutama bagi Anda yang sangat dekat dengan buah hati. Jika Anda memutuskan untuk menyekolahkan anak di boarding school berarti akan jauh dari anak. Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda sudah siap dengan hal ini.

Jangan sampai motivasi Anda menyekolahkan anak di boarding school hanya karena gengsi atau ingin anak berprestasi saja. Perlu diketahui jika menyekolahkan anak di sekolah tersebut tidak hanya jauh dari orang tua, tetapi biaya yang dikeluarkan juga mahal.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar yakin setelah itu baru bertanya kepada buah hati apakah mau sekolah di boarding school.

2. Lihat kemandirian anak

Sekolah di boarding school mengharuskan anak Anda untuk mandiri dan mengerjakan semua hal sendiri. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Sebelum benar-benar mengambil keputusan, lihat apakah anak Anda saat ini sudah memiliki kemandirian seperti itu.

Jika belum sebaiknya dipersiapkan dulu dengan cara mengajarinya mandiri mulai sekarang.

3. Pilih asrama yang membuat anak betah

Cara memilih Islamic Boarding School selanjutnya yaitu Anda harus memilih asrama yang bisa membuat anak betah. Tinggal jauh dari orang tua memang tidak mudah, tetapi jika asramanya bersih dan nyaman bisa membuat anak menjadi betah.

Asrama yang nyaman sangat mempengaruhi kondisi anak, jadi Anda harus memilih boarding school dengan asrama yang nyaman.

Pastikan juga jika asrama tersebut dibuat terpisah antara siswa putri dan putra. Lihat juga apakah asrama tersebut dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti tempat tidur yang nyaman, lemari, meja belajar dan sebagainya.

4. Pilih lingkungan sekolah yang aman dan nyaman

Menghabiskan 24 jam waktunya di lingkungan sekolah dan asrama berarti Anda harus memilih boarding school dengan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman. Cek apakah sekolah tersebut memiliki sistem keamanan 24 jam atau tidak.

Selain itu, pastikan lingkungan sekolah tersebut nyaman untuk anak Anda sehingga nantinya betah menuntut ilmu disana. Jika lingkungannya tidak nyaman sebaiknya jangan dipilih karena bisa berdampak pada kondisi psikologi anak.

5. Pastikan kegiatan belajar mengajar baik dan menyenangkan

Anda juga harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang kegiatan belajar mengajar di boarding school tersebut. Boarding school terbaik dan berkualitas pasti mendesain sistem pengajarannya dengan menyenangkan agar siswa tidak mudah bosan.

Selain itu, lihat bagaimana tenaga pendidik yang ada di sekolah tersebut. Apakah melakukan kegiatan belajar mengajar dengan baik atau tidak, mendorong siswa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki atau tidak. Biasanya boarding school memiliki tenaga pendidik yang berkualitas dan kompeten di bidangnya.

Itulah informasi tentang apa itu Islamic Boarding School dan cara memilihnya. Tidak bisa di pungkiri jika boarding school menjadi sekolah yang saat ini begitu diminati. Bagaimana tidak, siswanya tidak hanya didorong untuk berprestasi secara akademik saja tetapi juga non-akademik. Menariknya lagi, siswa bisa mendapat dukungan untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki.

Salah satu SMA Islam terbaik saat ini adalah SMA Dwiwarna (boarding school). SMA ini dikatakan terbaik karena memiliki tenaga pendidik berkualitas, asrama yang nyaman, lingkungan sekolah yang aman dan menyediakan fasilitas lengkap. Selain itu, sudah terakreditasi A sehingga kualitas pendidikannya tidak perlu diragukan lagi.

Referensi:

https://www.universitas123.com/news/pengertian-islamic-boarding-school-keunggulan-dan-kelemahannya

https://kicaunews.com/2021/06/17/5-tips-memilih-boarding-school-yang-tepat-untuk-anak/



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com