Pengguna iPhone dan Android kini dapat berbagi kunci mobil digital, simak caranya

Redaksi Tekno
Penulis Redaksi Tekno
Ilustrasi dari iStock.com

ZONAUTARA.com – Penggunaan kunci digital di kendaraan mobil mulai digunakan secara luas. Beberapa pabrikan kini menerapkan kunci mobil secara digital yang bisa digunakan pada perangkat iPhone.

Mengikuti trend digital pada kendaraan mobil tersebut, terkini pemilik iPhone sudah dapat berbagi kunci mobil digital dengan pengguna Android untuk pertama kalinya.

Pada peluncuran fitur Android terbaru, salah satu teknologi yang disertakan adalah berbagi kunci mobil digital untuk ponsel Android, yang dimulai dengan ponsel Pixel dan iPhone.

Artinya, jika anda menggunakan car key melalui aplikasi Apple Wallet di iPhone untuk membuka kunci mobil, anda akan dapat membagikan fitur tersebut dengan anggota keluarga yang memiliki ponsel Pixel.

Kabar baik lainnya, Google mengatakan sedang berupaya meluncurkan dukungan untuk semua perangkat Android 12+.

Di iPhone, dengan iOS 16.1 atau lebih baru, aplikasi Wallet menghasilkan kunci yang dapat berfungsi dengan perangkat Android. Tetapi tidak jelas apakah kemampuan lintas platform ini akan tersedia untuk pengguna Apple Watch dan Pixel Watch dulu.

Ini adalah langkah besar menuju standardisasi kunci digital. Di WWDC 2022 , Apple mengumumkan akan bekerja sama dengan Internet Engineering Task Force (IETF) dalam inisiatif ini. Grup tersebut masih mengerjakan spesifikasi yang juga dapat digunakan oleh siapa saja, tetapi untuk saat ini, Apple dan Google memiliki akses ke teknologi tersebut.

Bagaimana cara kerja kunci mobil digital dengan Iphone?

Fitur car key di iPhone bekerja dengan cara yang mirip dengan Apple Pay atau fitur pembayaran nirsentuh lainnya. Setelah anda mendekati mobil yang kompatibel dengan car key, anda dapat membukanya menggunakan iPhone atau Apple Watch.

Sebelumnya, fitur berbagi ini hanya bisa digunakan dengan sesama pengguna iPhone lainnya melalui iMessage. Sekarang, anda dapat menggunakan tombol Share di dalam aplikasi Wallet dan membagikan kunci mobil digital melalui WhatsApp, pesan teks, dan email ke ponsel Pixel. Untuk mengamankan share tersebut, anda juga dapat memilih untuk menggunakan kode sekali pakai.

Anda juga dapat melepas share saja dengan masuk ke aplikasi Wallet, memilih kunci mobil anda dan mengetuk ikon orang untuk mengelola daftar kunci yang digunakan bersama untuk kendaraan mobil anda.

Google meluncurkan kunci mobil digital tahun lalu dengan seri Pixel 6 , dan dapat diakses melalui aplikasi dompet digital di ponsel Android dan dibagikan.

Baru ada beberapa mobil yang kompatibel dengan teknologi ini. Beberapa model mobil diantaranya, BMW 2021 dan 2022 serta model Kia Niro 2022, Genesis G90 dan Genesis GV60. Kunci digital pada ponsel mengandalkan teknologi NFC, atau komunikasi jarak dekat yang disinkronkan dengan NFC reader pada kendaraan mobil.

Saat ini teknologi NFC dapat membuat ponsel anda untuk mengakses berbagai hal. Misalnya, pengguna iPhone sekarang dapat menyimpan SIM atau ID Negara di aplikasi Wallet. Dan di hotel tertentu, pengguna juga dapat menggunakan kunci digital untuk mengakses kamar mereka.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com