bar-merah

Puluhan tips dari Google untuk mempermudah pekerjaan anda

Google
Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.com – Tidak bisa dipungkiri bahwa Google telah banyak membantu pekerjaan banyak orang, terutama mereka yang bekerja dengan aktivitas internet yang tinggi.

Saat ini, berbagai pekerjaan sudah sangat bergantung pada perangkat-perangkat yang dikembangkan Google, seperti Google Mail, Goolge Doc, Google Drive, Google Search dan sebagainya.

Disadur dari blog resmi Google, berikut beberapa tips dapat mempermudah anda dalam melakukan berbagai pekerjaan terutama saat menggunakan fitur Google.

[toc]

Merencanakan sebuah perjalanan

Pada Juni 2022, menurut data Google Trends, minat penelusuran untuk “Bagaimana merencanakan perjalanan” adalah yang tertinggi dalam lima tahun terakhir. Beberapa tip di bawah ini dapat membuat proses perencanaan anda mungkin akan sama menyenangkannya dengan liburan itu sendiri.

1. Temukan tiket pesawat yang lebih murah dengan pelacakan harga di Google Flights.

Untuk menemukan penawaran terbaik untuk perjalanan anda berikutnya , aktifkan pelacakan untuk tujuan dan tanggal perjalanan, dan Google Flights akan mengirimkan email kepada anda jika harga berubah secara drastis. Atau, jika anda lebih fleksibel dalam menentukan waktu perjalanan, anda dapat mengaktifkan pelacakan untuk “tanggal apa pun” guna mendapatkan pemberitahuan tentang penurunan harga untuk penerbangan yang berangkat dalam tiga hingga enam bulan ke depan.

2. Berjalan-jalanlah di Street View untuk menemukan permata tersembunyi untuk dikunjungi pada liburan anda berikutnya.

Ini bukan cara yang bagus untuk melunasi keinginan berkelana dari rumah, tetapi juga merupakan cara yang efektif untuk merencanakan perjalanan yang berharga, seperti yang ditulis oleh Molly McHugh-Johnson, yang menggunakan alat Google untuk merencanakan liburan baru-baru ini ke Italia .

3. Screenshot boarding pass anda dari perangkat Pixel dan tambahkan langsung ke Google Wallet agar mudah diakses.

Dan setelah anda menyimpan boarding pass, Google Wallet akan memberi tahu jika ada penundaan dan perubahan gate. Sebagai bonus: anda juga dapat mengambil tangkapan layar kartu vaksin COVID-19 dari perangkat Android dan menambahkannya ke Google Wallet .

4. Hindari keramaian dengan mengecek informasi Popular Times dan Live Busyness di Google Maps.

Lihat seberapa sibuk suatu tempat saat ini, atau seberapa sibuknya tempat tersebut pada hari dan waktu tertentu, sehingga Anda dapat menggunakan waktu liburan dengan bijak .

5. Hemat energi dengan Nest Thermostat.

Dengan menggunakan deteksi gerakan dan lokasi ponsel, Nest Thermostat anda dapat memeriksa saat tidak ada orang di rumah dan menyesuaikan suhunya. Ini tip penyiapan Nest Thermostat cepat yang akan membuat tagihan listrik anda.

Bekerja (dan menjelajah) dengan lebih cerdas

Perlengkapan kantor bergambar mengelilingi laptop skala abu-abu dan ikon produk untuk Asisten dan Pengelola Kata Sandi.

Bagi kita yang terbiasa dengan pekerjaan hybrid, ada banyak hal yang harus dipikirkan kembali ketika harus bertransisi secara produktif ke lingkungan kerja baru ataupun yang lama. Jika anda sedang memulai rutinitas baru atau ingin meningkatkan efisiensi, berikut adalah beberapa kiat yang dapat membantu memaksimalkan hari kerja anda.

6. Buat rutinitas pagi dengan mengucapkan “Hai Google, Selamat pagi” pada ponsel Pixel atau perangkat Asisten Google anda.

Asisten akan membuat ikhtisar otomatis tentang semua yang Anda perlukan untuk memulai hari kerja anda — seperti ikhtisar kalender anda, pembaruan cuaca, dan tajuk berita penting — dan anda selalu dapat menyesuaikan rutinitas ini di setelan Asisten Google di ponsel anda.

7. Jika anda berganti-ganti lingkungan kerja, beri tahu orang-orang di mana anda berada dengan menyetel lokasi kerja dan jam kerja di setelan Google Kalender.

Saat lebih banyak orang membagikan lokasi dan jam kerja mereka, hal ini membantu menciptakan rapat hibrid yang lebih inklusif dan kolaboratif sekaligus mengurangi kerumitan penjadwalan logistik, terutama jika anda bekerja dengan orang-orang di zona waktu yang berbeda.

8. Minimalkan gangguan dengan menjadwalkan Focus Times di Google Calender.

Mirip dengan status “Out off Office”, Focus Time memiliki tampilan yang berbeda di kalender Anda (Focus Time ditandai dengan 🎧), dan menyertakan opsi untuk secara otomatis menolak acara yang bentrok sehingga anda dapat mengoptimalkan hari kerja untuk fokus dan meningkatkan produktivitas .

9. Jadikan pengiriman email lebih lancar dengan menggunakan Undo Send untuk menarik kembali pesan di Gmail.

Pakar email yang mempertimbangkan keterampilan mengirim email dan manajemen kotak masuk mengatakan orang sering berharap mereka dapat membatalkan pengiriman email — dan kini anda bisa melakukannya! Anda bahkan dapat meningkatkan pengaturan periode pembatalan hingga 30 detik setelah pengiriman.

10. Pantau kiriman makan siang anda dengan Live Takeout di Google Maps.

Jika dan memesan makan siang, kini anda dapat melihat perkiraan waktu tunggu, biaya pengiriman, dan status pesanan langsung dari aplikasi Google Maps . Ini jauh lebih mudah daripada khawatir makan siang anda akan tiba saat rapat sore tengah berlangsung.

11. Pengguna Chrome dapat menekan Control/Command + Shift + T untuk memulihkan jendela browser yang baru saja ditutup, dan semua tab yang ada di dalamnya.

Jangan biarkan klik atau penekanan tombol yang salah memicu tertutupnya semua jendela Chrome yang sedang anda buka. Pulihkan dengan menekan tombol Control atau Command + Shidt + T, agar tab Chrome Anda seketika kembali.

12. Lakukan Security Checkup untuk memastikan pengaturan keamanan dan kata sandi anda dalam keadaan baik.

Saat anda menjelajahi situs yang berbeda, anda mungkin akhirnya membuat banyak akun dan kata sandi baru yang sulit dilacak. Security Checkup atau Pemeriksaan Keamanan adalah alat sederhana yang akan membawa anda melalui proses langkah demi langkah untuk menyesuaikan kontrol keamanan dan memperkuat keamanan akun Google anda.

Salah satu langkah tersebut adalah menggunakan Pengelola Kata Sandi Google , yang akan membuat dan menyimpan kata sandi yang kuat, mengisinya secara otomatis di situs, memastikannya tidak dimasukkan ke dalam situs berbahaya, dan mengingatkan anda jika disusupi.

13. Tetap aman dan terlindungi saat online dengan Gmail.

Hal terakhir yang ingin dilakukan siapa pun adalah berurusan dengan spammer dan penipu, yang bertujuan untuk mencuri informasi dan dana pada akun online anda. Dan meskipun Google melindungi pengguna Gmail dari hampir 15 miliar pesan yang tidak diinginkan setiap hari, mengikuti beberapa panduan agar tetap aman saat memeriksa kotak masuk anda selalu sangat membantu, seperti mencari email yang berisi pesan “perpanjangan berlangganan” palsu.

Manfaatkan sisi kreatif Anda

Roda gigi bergambar mengelilingi ikon bola lampu, serta ikon produk untuk Kamera dan Google Gambar.

Sepanjang tahun 2022 banyak tercipta momen kreativitas. Cobalah bersenang-senang dengan beberapa tips ini.

14. Ambil foto dalam mode lanskap.

Kini tidak perlu lagi khawatir dengan foto yang miring, karena berbagai aplikasi terutama kamera ponsel Pixel sudah dilengkapi dengan garis pemandu. Dengan Informasi Level juga akan muncul saat anda mengambil foto dari atas kepala, sehingga anda dapat memusatkan subjek bahkan saat kamera diarahkan ke bawah

15. Buat ilustrasi sendiri menggunakan Google Drawings.

Anda kemudian dapat mengimpornya ke Google Doc atau Google Slide, atau menyimpannya dalam berbagai format file. Penasihat Produktivitas Eksekutif Google, Laura Mae Martin juga memiliki tip Google Drive praktis untuk menangani gambar tingkat lanjut: Ketik drawing.new ke browser Anda, lalu salin/tempel, seret, unggah, atau impor file gambar anda. Anda kemudian dapat mengeditnya, mengunduhnya dalam format apa pun, dan membagikan gambar seperti yang anda lakukan pada file Google Drive lainnya.

16. Kurangi limbah saat anda meramu resep makanan di dapur.

Menemukan cara untuk mengurangi limbah makanan adalah sesuatu yang telah dipikirkan tim di Google selama bertahun-tahun. Koki di Google membagikan tip dan trik untuk mengurangi limbah makanan yang dapat kita terapkan di rumah — termasuk resep cepat saji langsung dari dapur Google!

17. Tambahkan sedikit keajaiban di sekitar rumah dengan mengubah nada dering Nest Doorbell Anda.

Saat Nest Doorbell diluncurkan pada tahun 2018, yang saat itu dikenal sebagai Nest Hello, Google memperkenalkan versi baru suara bel pintu klasik dengan satu bunyi lonceng. Tahun ini, telah ditambahkan lebih banyak nada dering bel pintu, termasuk nada untuk Tahun Baru Imlek, Diwali, Oktoberfest, dan perayaan global lainnya.

Sambungkan kembali dan isi ulang

Pohon dan bunga bergambar ada di latar belakang sementara ikon Google Foto dan Google Shopping ada di tengah layar, dengan remote Chromecast bergambar di tengah.

Bagi sebagian orang, sangat berarti menghabiskan waktu bersama teman dan orang terkasih. Orang lain mungkin akan fokus mengurus diri sendiri. Dan yang lainnya lagi melakukan keduanya. Di mana pun anda berada dalam spektrum ini, berikut adalah tip yang dapat anda gunakan untuk melewati sisa tahun ini dengan stres sesedikit mungkin dan mengisi ulang baterai anda untuk tahun 2023.

18. Temukan tempat lokal untuk makan bersama keluarga dan teman dengan mengatakan “Hai Google, restoran di dekat saya” ke perangkat yang mendukung Asisten.

Menentukan tempat makan bisa membutuhkan banyak pencarian (dan perdebatan). Untungnya, Asisten Google dapat membantu Anda merencanakan dengan mempersempit pilihan. Kemudian gunakan waktu yang anda hemat dengan cara yang lebih baik. 

19. Bagikan Memori Foto Google Anda dengan orang lain.

Ini adalah fitur berbagi nomor satu di Google Photos. Teknologi machine learning memunculkan kembali foto dan video lama anda melalui karosel Kenangan di bagian atas petak Google Photos. Saat anda melihat Memori yang ingin dibagikan, cukup ketuk, lalu pilih Bagikan. Yang terbaik dari semuanya, siapa pun yang dapat melihat akan menikmatinya sebagai sebuah cerita langsung dari Google Photos di Android atau iOS.

20. Berkumpul di sekitar perapian Chromecast virtual bersama orang terkasih.

Anda tidak perlu khawatir jika fil favorit anda terganggu saat anda perlu keluar rumah sebentar, atau sedang berada di luar area jangkauan Wi-Fi. Anda dapat melanjutkannya di perangkat Chromecast kapanpun.

21. Temukan daftar ide hadiah anda dengan Holiday 100.

Untuk mempermudah belanja di musim liburan, telusuri 100 ide hadiah dan wawasan berdasarkan penelusuran yang sedang tren dari tahun 2022. Dan Google telah menghadirkan beberapa fitur belanja yang paling berguna ke situs Holiday 100, jadi setelah menemukan sesuatu yang anda sukai di daftar, anda dapat mempersempit pencarian menggunakan filter seperti rentang harga, obral, bahan, warna, atau lokasi toko di dekat anda.

22. Ketik “breathing exercise” untuk menemukan meditasi satu menit di Penelusuran.

Saat anda perlu istirahat dari hiruk pikuk liburan, alat Meditasi di Penelusuran dapat memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk relaksasi sejenak — plus, pengingat yang baik untuk bernapas.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com