bar-merah

‘Partikel Pengubah Bentuk’ Tak Beri Cahaya pada Materi Gelap

Anomali terdeteksi dalam badai reaktor nuklir dan sangat membingungkan sehingga fisikawan berharap itu akan menguak hal-hal gelap, misteri terbesar alam semesta.

Namun penelitian baru secara definitif mengesampingkan bahwa pengukuran aneh ini menandakan adanya “neutrino steril”, partikel hipotetis yang telah lama dihindari para ilmuwan.

Neutrino terkadang disebut “partikel hantu” karena hampir tidak berinteraksi dengan materi lain — sekitar 100 triliun diperkirakan melewati tubuh kita setiap detik.

Sejak neutrino pertama kali diteorikan pada 1930, para ilmuwan telah mencoba memahami sifat-sifat pengubah bentuk ini, yang merupakan salah satu partikel paling umum di alam semesta.

Ada tiga rasa neutrino yang dikonfirmasi: elektron, muon, dan tau. Namun, fisikawan menduga mungkin ada neutrino keempat, yang dijuluki “steril” karena sama sekali tidak berinteraksi dengan materi biasa. [ka/pp]

Sumber



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com