bar-merah

Ketua KPU Bolsel monitoring dan supervisi coklit, Kamaru harap masyarakat mendukung

Ketua KPU Bolsel Eskolano Kakunsi, memantau langsung pelaksanaan monitoring dan supervisi Coklit Data Pemilih di kediaman Bupati Bolsel, Kecamatan Posigadan.

ZONAUTARA.com – Menyambut pesta demokrasi lima tahunan, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), melakukan monitoring dan supervisi terhadap pelaksanaan kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih.

Kegiatan tersebut dilakukan Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (Pantarlih) di Kecamatan Posigadan, Rabu (15/2/2023).

Jalannya monitoring dihadiri langsung oleh Ketua KPU Bolsel Eskolano Kakunsi dan Anggota Komisioner KPU Bolsel, Hirzan Mohammad dan jajaran petugas KPU Bolsel lainnya.

Kakunsi mengatakan bahwa petugas Pantarlih memiliki peranan penting dalam tahapan Coklit.

“Coklit yang dilakukan Petugas Pantarlih itu, untuk memverifikasi data pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebelum pelaksanaan Pemilihan Umum,” beber Eskol, sapaan akrabnya usai kegiatan tersebut, di kantor KPU Bolsel.

Petugas Pantarlih, katanya akan mengunjungi setiap rumah penduduk untuk memastikan keberadaan dan keabsahan data pemilih yang terdaftar, seperti alamat, identitas, dan lain-lain.

“Coklit bertujuan untuk memastikan bahwa DPT yang akan digunakan dalam pemilihan umum akurat dan terpercaya,” ujar eks jurnalis itu.

Lebih jauh, katanya petugas Pantarlih mempunyai tugas melakukan Coklit sesuai zona tugas mereka masing-masing.

“Jadi petugas Pantarlih ini sudah memiliki wilayahnya masing-masing,” ungkapnya.

Mengakhiri penjelasannya, dia mengingatkan bahwa kegiatan Coklit sangat penting untuk memastikan Pemilu 2024 berlangsung secara adil dan terpercaya.

“Kegiatan Coklit dapat meminimalkan risiko terjadinya kecurangan dalam data pemilihan, sedangkan kegiatan para Pantarlih wajib memastikan proses verifikasi data pemilih benar-benar akurat dan mutakhir,” ujarnya.

Sekedar tambahan, Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru yang diketahui berdomisili di Desa Momalia, Kecamatan Posigadan juga mengikuti Coklit bersama istrinya Selpian Manoppo.

Pada kesempatan itu, Bupati Iskandar juga mengajak masyarakat Bolsel untuk turut serta mensukseskan semua tahapan penyelengaraan Pemilu 2024.

“Pesta demokrasi mendatang harus bisa berjalan dengan lancar, damai, aman dan tidak terjadi perpecahan,” harap Bupati.

“Saya imbau masyarakat untuk ikut serta mensukseskan Pemilu dengan mengikuti rangkaian tahapan yang sudah disiapkan KPU,” sambung Bupati.

Sekedar informasi, petugas Pantarlih ini bekerja mulai dari tanggal 12 Februari sampai 11 April 2023 mendatang.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com