bar-merah

KUR BSG Molibagu capai Rp 4 miliar, tak ada tunggakan

KUR
Pimpinan Bank SulutGo Cabang Molibagu, Herlina Manoppo. (Foto: Romansyah Banjar)

ZONAUTARA.com — Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank SulutGo (BSG) berjalan mulus di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel).

Hal ini dibuktikan selama dua tahun terakhir dari total Rp 4 miliar dana yang dialokasikan untuk KUR, semuanya terserap secara maksimal untuk peningkatan modal usaha masyarakat.

Data itu disampaikan oleh Pimpinan Bank SulutGo Cabang Molibagu, Herlina Manoppo.

”Setiap tahun kita selalu mencapai target yang ditetapkan pusat sebesar Rp 4 miliar,” ucap Herlina saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (22/2/2023).

Herlina menyebut jika KUR yang diajukan oleh debitur di Bolsel rata-rata untuk mengembangkan usaha ataupun UMKM.

“Saat ini ada total 75 debitur, semua tanpa masalah dan tanpa kredit macet dan ini merupakan kebanggaan kami,” kata dia.

Ia menambahkan KUR adalah salah satu program pemerintah dengan suku bunga 0,6 persen saja.

Sedangkan untuk menerima KUR, debitur cukup memasukkan berkas seperti KTP, KK, dan Akte Nikah.

Namun perlu diingat bahwa debitur harus mempunyai usaha yang dibuktikan dengan keterangan usaha dari Kepala Desa. Dan lebih baik lagi jika disertai dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

“Bukan hanya itu, para penerima KUR juga harus tidak sedang menerima kredit lainnya, hal ini dimaksudkan penyaluran KUR tepat sasaran,” jelasnya.

Jika semua berkas sudah memenuhi syarat, maka petugas Bank SulutGo Molibagu akan langsung melakukan survei.

“Setelah itu, kita akan lakukan survei untuk memastikan apakah usaha benar ada, lancar, dan calon debitur memiliki tekad kuat berwirausaha,” ungkapnya.

Sedangkan untuk KUR sendiri, terdiri dari tiga jenis dengan nominal pencairan yang berbeda-beda.

Yang pertama adalah KUR Super Mikro pinjaman yang berkisar hingga Rp 10 juta. Dan ada pula KUR Mikro yang nominalnya dapat mencapai Rp 500 juta.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com