bar-merah

20 negara tertua di dunia

negara tertua
Ruins of Persepolis, the capital city of the Persian Empire. (worldatlas.com)

ZONAUTARA.com – Pernahkah anda bertanya-tanya negara apa saja tertua di dunia? Dunia pernah diyakini sebagai sebuah benua super, yang dikenal sebagai ‘Pangea’, untuk menggambarkan bagaimana semua benua disatukan. Pangea ada 240 juta tahun yang lalu dan mulai terpecah membentuk negara-negara yang sekarang kita kenal sekitar 200 juta tahun kemudian.

Seiring berjalannya waktu, umat manusia telah menyaksikan banyak sekali bangsa dan negara yang muncul dan menghilang dalam sejarah. Mustahil untuk mengatakan negara mana yang tertua di dunia dengan pasti. Namun berikut ini adalah 20 peradaban yang paling dianggap paling lama bertahan. Peradaban-peradaban ini membentuk berbagai negara di dunia.

1. Iran

Berdiri : 3200 Sebelum Masehi
Pendiri: Cyrus II
Ibu kota: Teheran

Hingga pertengahan abad ke-20, Iran disebut sebagai Persia. Negara ini merupakan salah satu peradaban besar tertua di dunia yang masih ada hingga saat ini. Pemukiman bersejarah dan perkotaannya sudah ada sejak tahun 7000 SM.

Pertama kali disatukan oleh bangsa Medes kuno pada tahun 625 SM, Iran pernah menjadi bagian dari kekaisaran terbesar dan pertama di dunia yang dipimpin oleh Cyrus Agung, yang dikenal sebagai Kekaisaran Akhemeniyah (550-330 SM).

Kemudian pada tahun 1501, di bawah Dinasti Safawi, negara ini dinobatkan sebagai negara merdeka. Iran menjadi monarki Syiah yang diperintah oleh seorang kaisar hampir tanpa gangguan dari tahun 1501 hingga 1979. Karena alasan ini, Iran dikenal luas sebagai negara tertua di dunia.

2. Mesir

Berdiri: 3150 Sebelum Masehi
Pendiri: Raja Narmer Menes
Ibu kota: Memphis (ditinggalkan pada abad ke-7 Masehi), Kairo

Mesir telah ada selama hampir 30 abad. Dalam beberapa tahun terakhir, penggalian telah menemukan sebuah kota yang hilang. Temuan baru di Sohag ini diyakini berusia lebih dari 7.000 tahun. Dengan bantuan temuan baru ini, periode dinasti awal Mesir kuno sekarang sudah ada sejak sekitar 5 ribu tahun yang lalu.

Para arkeolog menduga bahwa tempat tinggal dan kuburan yang baru ditemukan ini merupakan bagian dari ibu kota yang telah lama hilang dan kini muncul kembali. Dugaan lain menyebutkan bahwa daerah tersebut merupakan sebuah desa yang terpisah, yang kemungkinan besar berada di bawah kota bersejarah, Abydos.

3. Suriah

Sejak: 3000 Sebelum Masehi
Pendiri: Tidak diketahui
Ibu kota: Damaskus

Diperintah oleh beberapa kerajaan, Suriah merupakan rumah bagi peninggalan-peninggalan yang berasal dari 700.000 tahun yang lalu. Dari sekian banyak yang telah ditemukan, peninggalan tersebut termasuk kerangka dan tulang belulang manusia purba.

Ekskursi arkeologi selanjutnya juga menemukan kota Elba yang telah lama hilang di negara ini. Kota ini merupakan salah satu koloni paling awal yang digali dan diyakini telah ada sekitar tahun 3.000 SM. Berkat temuan-temuan ini, Suriah menduduki peringkat teratas sebagai negara tertua di dunia.

4. Vietnam

Berdiri sejak: 2879 Sebelum Masehi
Pendiri: Hung Vuong
Ibu kota: Hanoi

Sejarah Vietnam dapat ditelusuri hingga 20.000 tahun yang lalu. Penggalian dari tahun 1965 telah menemukan sisa-sisa dua hominin. Temuan ini menunjukkan era Pleistosen Tengah dan menjadi bukti bahwa Vietnam prasejarah sudah ada sejak setengah juta tahun yang lalu.

Negara ini adalah rumah bagi beberapa masyarakat paling awal di dunia. Oleh karena itu, hal ini menjadikan Vietnam sebagai salah satu komunitas petani pertama di dunia dan pesaing kuat untuk menjadi negara tertua di dunia.

5. Armenia

Sejak: 2492 Sebelum Masehi
Pendiri: Bangsa Medes
Ibu kota: Yerevan

Sejarah Armenia membentang lebih dari 3.500 tahun, dengan penyebutan pertama negara ini terjadi pada abad keenam Sebelum Masehi. Meskipun demikian, negara ini baru didirikan pada tahun 782 SM.

Pada puncak kejayaannya, Armenia membentang dari Laut Hitam melalui Laut Kaspia dan Laut Mediterania ke Danau Urmia di Iran. Penduduk asli Armenia adalah salah satu yang pertama kali menerima agama Kristen sebagai agama negara pada tahun 301 Masehi. Hingga saat ini, negara ini masih menganut Gereja Apostolik Armenia.

6. Korea

Sejak: 2333 Sebelum Masehi
Pendiri: Raja Jumong
Ibu kota: Jolbon (37 SM – 3 M), Gungnae (3-427), Pyongyang (427-668)

Semenanjung Korea, yang sekarang terdiri dari Korea Utara dan Korea Selatan, secara keseluruhan memiliki sejarah yang diperkirakan mencapai 5.000 tahun. Awalnya dikenal sebagai ‘Gojoseon’ dari tahun 2333 SM hingga 108 SM, Korea adalah negara pertama yang menemukan pencetakan jenis logam yang dapat dipindahkan.

Penemuan ini telah mengubah komunikasi. Penemuan ini juga memainkan peran penting dalam memajukan perkembangan budaya dunia.

Sepanjang tahun 37 SM hingga 668 M, kerajaan Goguryeo dianggap sebagai salah satu negara Asia Timur terkuat. Meskipun di zaman modern, semenanjung ini mungkin tidak lagi memenuhi syarat sebagai negara tertua di dunia, namun pernah menjadi pesaing kuat untuk gelar tersebut.

7. Tiongkok

Sejak: 2070 Sebelum Masehi
Pendiri: Yu yang Agung
Ibu kota: Xi’an (221 SM), Beijing

Mengapa Tiongkok dianggap sebagai negara tertua di dunia? Peradaban Tiongkok yang paling awal adalah persatuan Tiongkok Tengah Utara pada masa Dinasti Shang pada tahun 1700-1046 SM. Periode ini merupakan praktik pertama suksesi dinasti. Meskipun demikian, masih ada bukti yang terbatas tentang keberadaannya.

Sebelum masa ini, para sejarawan memperdebatkan keberadaan peradaban yang lebih awal yang dikenal sebagai Dinasti Xia. Penggalian pada abad ke-20 telah menemukan situs-situs yang cocok dengan deskripsi dari catatan sejarawan sebelumnya.

Berdasarkan catatan-catatan ini, beberapa ahli tidak percaya bahwa Dinasti Xia itu nyata, sementara yang lain menyatakan bahwa Dinasti Xia merupakan pemerintahan pertama di Tiongkok kuno. Sampai hari ini, setiap situs yang ditemukan tidak dapat disangkal membuktikan keberadaan Dinasti Xia.

8. India

Sejak: 2000 Sebelum Masehi
Pendiri: Peradaban Lembah Indus / Raja Chandragupta Maurya
Ibu kota: Pataliputra

Masyarakat di India telah ada setidaknya selama 250,000 tahun. Meninggalkan jejak-jejak aktivitas hominoid, Zaman Perunggu menjadi saksi dari peradaban India yang paling awal yang diketahui. Komunitas ini adalah ‘Peradaban Lembah Indus’, atau ‘Peradaban Harappan’.

Peradaban Lembah Indus berkembang pesat selama 3.300 SM dan 1.300 SM. Para arkeolog percaya bahwa peradaban ini juga dikenal sebagai ‘Meluhha’, yang disebutkan dalam teks-teks Mesopotamia Kuno. Karena kepercayaan ini, para ahli memperkirakan bahwa budaya yang kaya dan peradaban perkotaan telah berkembang di negara ini setidaknya 5.500 tahun yang lalu.

9. Israel

Sejak: 1300 Sebelum Masehi
Pendiri: Raja Saul
Ibu kota: Sikhem (930 SM) Penuel (930-909) Tirza (909-880) Samaria (880 – 720), Yerusalem

Terletak di antara Laut Mediterania dan Laut Merah, keberadaan Israel telah melewati era Perunggu Pertengahan dan Zaman Besi. Wilayahnya menampilkan bukti migrasi awal hominid dari Afrika.

10. Georgia

Sejak: 1300 Sebelum Masehi
Pendiri: Raja Bagrat III
Ibu kota: Savannah (1777), Tbilisi

Georgia modern dianggap sebagai tempat kelahiran pembuatan anggur. Di sini, Anda dapat menemukan guci anggur tertua di dunia. Beberapa guci ini setidaknya berusia 8.000 tahun dan dianggap sebagai bukti kuno pembuatan anggur prasejarah.

Temuan arkeologis berdasarkan sumber-sumber kuno juga mengonfirmasi keberadaan konstruksi politik dan masyarakat awal. Temuan ini berasal dari abad ke-7 SM. Akibatnya, Georgia menjadi pesaing kuat untuk menjadi negara tertua di dunia.

11. Sudan

Sejak: 1070 Sebelum Masehi
Pendiri: Muḥammad Aḥmad bin ʿAbd Allāh al-Mahdī
Ibu kota: Khartoum

Republik Sudan sudah ada sejak 3.000 tahun yang lalu. Penelitian arkeologi menunjukkan bahwa pada milenium kedelapan Sebelum Masehi, masyarakat dalam tahap akhir evolusi budaya telah menetap di Sudan.

Orang-orang ini tinggal di komunitas bata lumpur yang kuat. Mereka bertahan hidup dengan menggunakan keterampilan berburu, memancing, mengumpulkan biji-bijian, dan menggembala ternak.

Bukti menunjukkan bahwa komunitas-komunitas ini telah meninggalkan gurun Sahara dan bermigrasi ke Sudan untuk menjadi petani selama milenium kelima Sebelum Masehi.

12. Ethiopia

Sejak: Abad ke-10 Sebelum Masehi
Pendiri: Kaisar Tewodros II
Ibu kota: Addis Ababa

Ethiopia telah ada setidaknya selama 2.000 tahun. Negara ini merupakan negara tertua yang memerdekakan diri di Afrika dan juga salah satu negara berdaulat tertua di dunia. Terdiri dari lebih dari 80 kelompok etnis, Ethiopia modern tidak pernah dijajah. Namun, ini dengan pengecualian pendudukannya oleh Italia dari tahun 1936 hingga 1941.

Usia Ethiopia masih relatif muda dibandingkan dengan negara lain. Meskipun belum dikonfirmasi, banyak ahli percaya bahwa wilayah ini menjadi saksi kehidupan manusia purba sejak 150 hingga 200 ribu tahun yang lalu. Penemuan fosil hominid tertua di dunia semakin menguatkan keyakinan ini. Dikenal sebagai Ardipithecus ramidus, fosil yang ditemukan pada tahun 1994 ini berasal dari 4,2 juta tahun yang lalu.

13. Yunani

Sejak: abad ke-8 Sebelum Masehi
Pendiri: Alexander Agung
Ibu kota: Athena & Nafplio

Hidup sebagai pemburu-pengumpul dan bertani secara sederhana, manusia telah mendiami Yunani setidaknya selama 40.000 tahun. Sebagai salah satu negara tertua dalam sejarah dan dunia, Yunani telah berkembang pesat selama berabad-abad. Faktanya, peradaban maju pertama di Eropa muncul di Yunani pada tahun 3200 SM.

Sementara itu, ibu kota negara, Athena, menjadi rumah bagi sistem demokrasi yang pertama. Sistem ini didirikan pada tahun 508 SM. Selain itu, selama periode Archaic dalam sejarah Yunani, negara ini memelopori Olimpiade pertama. Upaya mereka melawan tentara Persia yang menyerang dalam ‘Pertempuran di Marathon’, mengilhami jarak tempuh lomba lari jarak jauh di masa kini.

14. Afghanistan

Sejak: 678 Sebelum Masehi
Pendiri: Pangeran Ahmad Shah Durrani, Peradaban Lembah Indus
Ibu kota: Kabul

Pernahkah anda berpikir bahwa Afghanistan adalah negara tertua di dunia? Temuan arkeologi menunjukkan bahwa Afghanistan telah menopang kehidupan manusia setidaknya selama 50.000 tahun.

Banyak yang percaya, peradaban ini pertama kali muncul pada 3000 SM. Sebagai hasilnya, Afghanistan adalah rumah bagi beberapa petani pertama di dunia. Negara ini juga terkenal sebagai zona penting untuk kegiatan konsekuensial awal. Karena alasan-alasan ini, Afghanistan dengan mudah dibandingkan dengan nilai historis Mesir.

15. Jepang

Sejak: 660 Sebelum Masehi
Pendiri: Kaisar Jimmu
Ibu kota: Nara (1206-1368 M), Tokyo

Jepang bisa dibilang sebagai negara tertua di dunia. Berawal dari tahun 660 SM, negara ini didirikan oleh Kaisar Jimmu, dan berusia setidaknya 2.600 tahun. Dihormati sebagai pusat tradisi sastra yang dipengaruhi oleh agama Buddha, sejarah Jepang masih diperdebatkan karena ketergantungannya pada mitologi. Faktanya, kronik Cina hanya membuktikan keberadaan Jepang pada abad ketiga Masehi.

16. Irlandia

Sejak: 600 Sebelum Masehi
Pendiri: Bangsa Celtic
Ibu kota: Dublin

Republik Irlandia telah bertahan selama berabad-abad dari kelaparan yang brutal, perang saudara, persatuan, dan kemerdekaan, serta era Kristen, Viking, dan Norman. Seperti kebanyakan peradaban lainnya, masyarakat Irlandia dulunya sebagian besar adalah petani. Petani pertama tiba di Irlandia sekitar tahun 4000 SM (sekitar 10.000 tahun yang lalu).

17. Prancis

Sejak: 600 Sebelum Masehi
Pendiri: Hugh Capet
Ibu kota: Marseille

Meskipun hanya berdiri sebagai sebuah negara selama lebih dari seribu tahun, Prancis terkenal dengan beberapa peristiwa terpenting dalam sejarah Eropa. Misalnya, Revolusi Prancis 1789, Perang Napoleon, dan invasi Jerman pada tahun 1914 dan 1940.

Pendirian Prancis sebagai sebuah negara lahir dari konsolidasi kekuasaan dan perluasan wilayah melalui pertempuran dengan raja-raja Inggris dan Habsburg.

18. Mongolia

Sejak: 209 Sebelum Masehi
Pendiri: Jenghis Khan
Ibu kota: Karakorum, Ulaanbaatar

Didirikan oleh Jenghis Khan pada 1206, Kekaisaran Mongolia terdiri dari suku-suku berbahasa Mongol dan suku-suku Turki lainnya. Studi arkeologi di Provinsi Khovd di negara ini telah menemukan lukisan-lukisan berwarna merah muda, coklat, dan oker merah. Lukisan-lukisan ini menggambarkan hewan-hewan bersejarah dan berasal dari 20.000 tahun yang lalu.

19. Somalia

Sejak: 200 Sebelum Masehi
Pendiri: Mohamed Siad Barre
Ibu kota: Mogadishu

Beberapa sejarawan mengasosiasikan masyarakat Somalia kuno dengan migrasi balik prasejarah yang sangat besar dari Levant. Namun, studi arkeologi yang lebih baik, sekarang menunjukkan bahwa masyarakat ini adalah penduduk asli Somaliland. Ini berarti, bahwa penduduk asli Somalia telah ada setidaknya selama 7000 tahun.

Penemuan lukisan-lukisan cadas kuno semakin membuktikan bahwa Somalia adalah salah satu negara tertua di dunia. Lukisan-lukisan ini menggambarkan kehidupan awal di wilayah tersebut dan berasal dari 5000 tahun yang lalu. Bahkan, beberapa seni cadas paling awal yang diketahui di benua Afrika menampilkan banyak sketsa rumit siluet hewan dan manusia.

20. San Marino

Sejak: 3 September 301 Masehi
Pendiri: Santo Marinus
Ibu kota: San Marino

Negara ini adalah salah satu negara terkecil di dunia. Dengan jumlah penduduk kurang dari 30.000 jiwa, San Marino merupakan negara republik tertua di dunia yang masih ada. Didirikan pada tahun 301 Masehi oleh seorang pembangun terampil bernama Saint Marinus, negara kecil ini pertama kali diakui oleh Prancis Napoleon pada tahun 1797.

Namun, baru 18 tahun kemudian, negara-negara Eropa lainnya mengakui keberadaannya sebagai negara berdaulat.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com