bar-merah

Pengacara Trump: Dokumen Sudah Dideklasifikasi atau Telah Menjadi ‘Kenang-Kenangan’


Dakwaan federal terhadap Donald Trump atas kesalahan penanganan dokumen rahasia adalah penuntutan bermotivasi politik berdasarkan file yang dideklasifikasi dan bersifat “kenangan” pribadi, kata salah seorang pengacara mantan presiden itu pada Minggu (11/6), dua hari sebelum dakwaan itu disampaikan secara resmi di pengadilan Florida.

Trump menghadapi 37 dakwaan, termasuk pelanggaran Undang-Undang Spionase, membuat pernyataan palsu, dan konspirasi terkait kesalahan penanganannya terhadap materi rahasia – pelanggaran hukum paling serius yang dihadapi oleh tokoh Partai Republik itu. Trump dijadwalkan untuk menyampaikan argumennya pada Selasa (13/6), di pengadilan federal di Miami.

Pengacaranya, Alina Habba, berpendapat bahwa Trump “tidak melakukan kesalahan” dan tidak akan menerima kesepakatan pembelaan untuk meminimalkan dampak dari kasus tersebut sementara dia berusaha memenangkan pencalonan partainya untuk pemilihan presiden 2024.

“Dia tidak akan pernah mengaku bersalah, karena tidak ada yang salah dengan mendeklasifikasi dokumen,” kata Habba dalam acara bincang-bincang “Fox News Sunday.”

“Ini sepenuhnya bermotivasi politik. Ini adalah contoh terbaik campur tangan pemilu.”

Habba juga menggambarkan keberatan Trump terhadap para agen federal yang menggeledah dan menyita materi di rumahnya di Mar-a-Lago sebagai rasa frustrasi atas tindakan para agen federal yang menggeledah barang-barang pribadinya.

“Dia berhak memiliki dokumen rahasia yang dia deklasifikasikan…barang-barang yang merupakan kenang-kenangan, barang-barang yang dia berhak mengambilnya,” kata Habba.

“Jadi, jika saya adalah seseorang yang menyimpan dokumen yang berhak saya miliki sebagai presiden yang meninggalkan Gedung Putih, apakah saya ingin orang mengobrak-abrik barang-barang pribadi saya? Tidak.”

Tetapi jaksa agung AS di bawah Trump, Bill Barr, mengatakan mantan atasannya itu menghadapi “dakwaan kuat” yang diajukan oleh Departemen Kehakiman dan bahwa Trump bukanlah korban perburuan, seperti yang berulang kali ditegaskan oleh mantan pemimpin itu.

“Gagasan bahwa presiden memiliki wewenang penuh untuk menyatakan dokumen apa pun bersifat pribadi adalah… konyol,” kata Barr kepada Fox.

Bahkan jika setengah dari dakwaan itu benar, “maka dia berada dalam banyak masalah,” tambah Barr. “Ini sangat, sangat memberatkan.” [lt/rs]

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com