bar-merah

Honduras Lirik China untuk Berinvestasi di Proyek Kereta Api $20 Miliar 


Pemerintah Honduras pada Jumat (7/7) mengatakan kepada pejabat China bahwa mereka sedang mencari investor untuk mendanai pembangunan jalur kereta api senilai $20 miliar. Proyek tersebut akan menghubungkan pantai Atlantik dan Pasifik negara itu, dan merupakan bagian dari upaya perdagangan dan investasi antarnegara.  

Honduras dan China telah menegosiasikan pakta perdagangan bebas pertama yang menghubungkan sektor ekonomi mereka. Fredy Cerrato, Menteri Pembangunan Ekonomi Honduras, mengatakan kepada wartawan pejabat dari kedua negara juga membahas proyek infrastruktur yang berkaitan dengan bendungan dan pembangkit listrik. 

“Kami mempresentasikan (pejabat China) proyek-proyek yang ingin dibiayai oleh Honduras, yang penting untuk pembangunan negara kami,” kata Cerrato. 

“Kami berbicara tentang pembangunan bendungan, pembangunan kereta lintas samudra yang juga berkaitan dengan sistem pembangkit listrik kami,” kata Cerrato. 

Dia menambahkan bahwa para pejabat China, negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, menunjukkan ketertarikannya pada proyek-proyek yang dikembangkan menggunakan dana publik dan swasta tersebut. 

Ia menambahkan bahwa jalur kereta api yang diusulkan dapat siap dalam waktu sekitar 15 tahun. 

Honduras dan raksasa Asia itu menjalin hubungan diplomatik pada Maret, setelah negara Amerika Tengah itu memutuskan hubungan jangka panjangnya dengan Taiwan demi mendukung China daratan dan pengaruh ekonominya. [ah/ft] 

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com