bar-merah

Berbagai jenis tumbuhan obat yang sering digunakan di Sulawesi Utara

Tumbuhan obat
Berbagai jenis tumbuhan obat yang dikenal di masyarakat Sulawesi Utara. (Foto kolase dari berbagai sumber)

ZONAUTARA.com – Meski pengobatan modern sudah menjangkau hingga ke pelosok dan semakin mudah diakses, namun pengobatan tradisional atau menggunakan bahan baku dari alam, masih banyak diterapkan oleh masyarakat, termasuk masyarakat di Sulawesi Utara (Sulut).

Pengobatan dengan memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan ini juga dikenal dengan istilah pengobatan herbal. Sebagaimana masyarakat lainnya di Indonesia, pengetahuan terhadap jenis tumbuhan yang dapat digunakan dalam pengobatan, diwariskan secara turun temurun dari leluhur.

Pemanfaatan jenis tumbuhan obat seara tradisional di Indonesia sangat beragam, karena keanekaragaman etnis Nusantara yang ada, termasuk etnis-etnis yang mendiami wilayah Sulut.

Beberapa jenis tumbuhan obat yang lazim digunakan di Sulut, juga digunakan oleh masyarakat di daerah lain, dengan nama yang berbeda. Secara garis besar habitus tumbuhan yang banyak dimanfaatkan sebagai obat antara lain herba, pohon, perdu dan semak.

Sementara bagian-bagian yang dimanfaatkan untuk obat juga berbagai macam, seperti rimpang, umbi, daun, getah, biji, buah, batang dan sebagainya. Cara pengolahannya pun beragam, tergantung jenis tumbuhan yang dimanfaatkan.

Masyarakat yang menggunakan tumbuhan obat percaya bahwa “resep tradisional” ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain, sakit gigi, sakit perut, menurunkan panas, mengatasi flu, sakit badan, mengobati batuk dan sebagainya.

Dihimpun dari berbagai sumber, terutama dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Aldo Lanes, Wawan Nurmana dan Hard N. Pollo (Program Studi Ilmu Kehutanan, UNSRAT Manado), tentang keanekaragaman jenis tumbuhan obat di Desa Elusan Kabupaten Minahasa (2023), yang diterbitkan dalam Jurnal Silvarium Volume 2 No 1 Tahun 2023, kami sajikan tabel jenis tumbuhan obat di Sulut, yang bisa dilihat di bawah ini.

Daftar tumbuhan ini akan terus kami update dengan referensi lainnya yang relevan. Jika anda mempunyai informasi dan data, anda dapat mengirimkannya kepada kami melalui emaol [email protected].



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com