bar-merah

Australia Sambut Pencabutan Ancaman UNESCO Masukkan "Great Barrier Reef" ke Daftar Warisan Dunia yang Terancam


PM Australia Anthony Albanese, Selasa (8/1) menyambut baik rancangan keputusan UNESCO untuk mencabut ancaman akan menurunkan status “Great Barrier Reef” menjadi situs Warisan Dunia yang terancam.  

Albanase mengatakan, “Saya menyambut baik rancangan keputusan semalam dari Organisasi Pendidikan, Sains dan Budaya PBB, atau UNESCO, untuk tidak mencantumkan Great Barrier Reef ke daftar situs yang terancam. Ini mengukuhkan bahwa pemerintah saya bekerja keras untuk melindungi terumbu karang ini, mengambil tindakan terkait perubahan iklim, dan seluruh dunia tentu saja telah memperhatikan ini. Dan saya tahu bahwa ini khususnya kabar yang disambut baik bagi masyarakat di Queensland, di mana terumbu karang itu mendukung lapangan kerja lokal dan ekonomi lokal.” 

Pada November tahun lalu, UNESCO dan Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) merekomendasikan agar sistem terumbu karang terbesar di dunia ini ditambahkan ke dalam Daftar Warisan Dunia yang Terancam Punah karena berbagai ancaman yang mencakup kenaikan suhu lautan. 

Tetapi UNESCO mengeluarkan laporan terbaru di Paris pada hari Senin (31/7) yang mengatakan pengevaluasian kembali apakah objek wisata  terkenal di lepas pantai utara Australia itu sesuai dengan kriteria Warisan Dunia yang terancam patut dilakukan.   

Laporan itu merekomendasikan agar Australia mengajukan laporan kemajuan kepada Komite Warisan Dunia pada Februari mengenai komitmen-komitmennya untuk melakukan perbaikan lingkungan. [uh/ab] 

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com