bar-merah

Mana sih yang benar millennial atau milenial?. Banyak yang salah tulis

milenial
Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.com – Acap kali saat sedang menulis, kita binggung. Manakah penulisan yang benar, millenial atau milenial. Mari kita lihat pedoman penulisannya sesuai KBBI.

Sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penulisan yang benar adalah milenial.

Di KBBI Daring penjelasannya seperti ini, mi.le.ni.al /milenial/.

Arti kata Milenial

Adapun arti kata milenial itu sendiri adalah orang atau generasi yang lahir tahun 1980-an dan 1990-an.

Generasi milenial juga disebut sebagai kelompok masyarakat yang kehidupannya tidak dapat dilepaskan dengan aktivitas yang berkaitan dengan teknologi informasi, terutama internet.

Sementara itu kata milenial itu berkaitan dengan kata milenium.

Penamaan generasi lainnya

Selain generasi milenial, saat ini di kehidupan masyarakat modern, dikenal pula sebutan berbagai generasi.

Penamaan generasi ini dimulai pada abad ke 20, yang diperkenalkan oleh penulis asal Amerika, Gertrude Stein.

Stein dalam karyanya menyebut istilah lost generation atau generasi yang hilang. Istilah lost generation itu ditujukan Stein pada orang-orang yang lahir pada abad ke 20 yang juga terlibat pada Perang Dunia I.

Setelah lost generation dikenal generasi-gernasi selanjutnya.

Silent generation

Masyarakat yang masuk dalam generasi ini lahir antara tahun 1925-1945. Mereka terlahir saat dunai mengalami banyak krisis secara global.

Silent generation merasakan banyak kejadian yang mengubah dunia. Salah satunya adalah terlibat dengan Perang Dunia II.

Generasi baby boomers

Generasi ini lahir antara tahun 1943-1964 saat terjadi ledakan kelahiran besar-besaran di Amerika Serikat. Generasi ini memiliki sifat yang kompetitif dan pekerja keras.

Generasi X

Generasi X adalah orang-orang yang lahir saat teknologi mulai berkembang, yakni antara tahun 1965-1980. Rata-rata generasi x memiliki orang tua dari generasi baby boomers. Karenanya sifat mereka kebanyakan pekerja keras sama seperti orang tuanya.

Generasi Y atau milenial

Saat dunia dipenuhi oleh generasi Y atau milenial. Semua orang yang lahir pada tahun 1981-1994 masuk dalam kelompok generasi ini.

Geneasi Y lahir dan tumbuh dimana segala perubahan terjadi. Oleh karena itu mereka lebih sadar akan perubahan dan perbedaan dibanding generasi sebelumnya.

Banyak milenial yang dicap hanya hidup bersenang-senang dan tidak konsisten seperti generasi baby boomers.

Padahal generasi Y merupakan penerus bangsa yang memiliki banyak potensi. Tidak sedikit pendiri startup terkenal datang dari generasi Y, salah satunya Bukalapak dan Ruangguru.

Generasi Z

Generasi Z adalah mereka yang lahir tahun 1995-2010. Kelompok ini sudah familiar dengan teknologi, karena tumbuh saat teknologi berkembang pesat.

Generasi Z disebut-sebut sangat bergantung pada gadget.

Generasi Alpha

Yang terarkhir adalah generasi alpha. Generasi ini lahir setelah tahun 2010an. Karena rata-rata generasi ini masih muda, etos dan karakter mereka belum terlalu terlihat.

Sama halnya dengan generasi Z, generasi alpha sangat bergantung pada teknologi.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com