bar-merah

Hadiri pelantikan PAW PKD Bawaslu Bolsel, Wira-Ruslan: “independen dan netral”

ZONAUTARA.com —Ketua Bawaslu Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) Wira Bidjuni bersama Anggota Ruslan Pulumoduyo menghadiri acara Pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) Panwaslu Desa Linawan Kecamatan Pinolosian, di kantor sekretariat Panwaslu, kamis (31/8/2023).

Ketua Bawaslu Wira Bidjuni memberikan sambutan setelah usainya prosesi pelantikan.

Dalam kesempatan tersebut, Wira memberikan penguatan kepada Panwaslu Desa terkait tugas dan fungsi yang harus dilaksanakan.

“Pahami, dengan baik tugas dan fungsinya,” tegas Wira.

Eks aktivis PMII Gorontalo itu, menyampaikan juga kepada Panwaslu Desa yang baru saja terlantik untuk bisa menyesuaikan pola kerja pengawasan tahapan pemilu yang sedang berlangsung.

“Selamat kepada bapak-ibu yang baru saja dilantik,” ucapnya.

Selain itu, ketua Bawaslu Bolsel itu, menjelaskan Panwaslu Desa harus mampu berkerja sama dan bersinergi dengan Panwaslu Kecamatan.

“Nah, selain tugas, tangung jawab dan wewenang yang harus dilaksanakan oleh Panwaslu Desa, jangan sampai putus koordinasi dengan Panwaswlu Kecamatan setiap tahapan yang berlangsung,” pesannya.

Ditegaskannya, Panwaslu Desa harus bekerja secara independen dan netral, tanpa adanya pengaruh dari pihak-pihak yang terlibat dalam pemilihan.

“Sebab Panwaslu Desa adalah salah satu ujung tombak pengawasan pemilu di tingkat Desa,” tegasnya.

Lebih jauh, Wira juga mengingatkan kepada Panwaslu kecamatan agar setiap saat harus ada evaluasi dalam setiap tahapan pemilu.

Senada, ditambahkan anggota Bawaslu Kabupaten Bolsel, Ruslan Pulumuduyo menegaskan bahwa pengawasan harus memiliki insting yang kuat, terhadap semua proses tahapan yang berlangsung.

“Untuk itu, teman-teman PKD wajib meningkatkan kualitas dan pemahaman terkait tahapan apa yang akan diawasi,” tegas Ruslan, sembari menyebutkan Panwaslu ujung tombak pengawasan.

Lanjutnya, dia memesan saat menjalankan tugas itu bangunlah hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar.

“Lakukan pendekatan bersama masyarakat karena ini akan menjadi mitra kita dalam pengawasan partisipatif,” tukas mantan aktivis HMI Gorontalo itu, seraya mengucapkan selamat bergabung dalam keluarga besar Bawaslu Bolsel.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com