Angkatan Laut AS Tangkap Penyerang Tanker Terkait Israel

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU



Kawanan penyerang bersenjata menyita dan kemudian melepaskan sebuah tanker yang terkait dengan Israel di lepas pantai Yaman pada hari Minggu, sebelum mereka kemudian ditangkap oleh Angkatan Laut AS, kata para pejabat.

Dua rudal balistik yang ditembakkan dari Yaman yang dikuasai kelompok Houthi kemudian mendarat di dekat sebuah kapal perang AS di Teluk Aden, meningkatkan ketegangan di tengah-tengah serangkaian serangan terhadap kapal yang terkait dengan perang Israel-Hamas.

Pemerintah Yaman yang diakui secara internasional menyalahkan kelompok pemberontak Houthi dukungan Iran atas serangan itu, meskipun para pemberontak yang menguasai ibu kota, Sanaa, tidak mengakui melakukan penyitaan maupun serangan rudal itu.

Para penyerang menyita kapal Central Park yang berbendera Liberia dan dikelola oleh Zodiac Maritime itu di Teluk Aden, kata perusahaan itu, militer AS dan Inggris serta perusahaan intelijen swasta Ambrey.

Pada Senin pagi, Zodiac mengatakan kapal itu membawa asam fosfat. Ke-22 awaknya, yang berasal dari Bulgaria, Georgia, India, Filipina, Rusia, Turki dan Vietnam “tidak mengalami cedera.”

“Kami ingin berterima kasih kepada pasukan koalisi yang menanggapi dengan cepat, melindungi aset-aset di kawasan dan menegakkan hukum laut internasional,” kata perusahaan tersebut.

Komando Pusat AS mengemukakan dalam pernyataan Senin pagi bahwa pasukannya, termasuk kapal perusak kelas USS Mason, menanggapi penyitaan itu dan meminta para penyerang bersenjata agar melepaskan tanker tersebut.

“Selanjutnya, lima orang bersenjata turun dari kapal dan berusaha melarikan diri dengan perahu kecil mereka,” kata Komando Pusat. “Mason mengejar para penyerang sehingga akhirnya mereka menyerah.”

Komando Pusat tidak mengidentifikasi orang-orang itu, tetapi mengatakan sebuah rudal yang diluncurkan dari Yaman yang dikuasai Houthi menyusul kemudian pada Senin pagi.

“Rudal itu mendarat di Teluk Aden kira-kira 10 mil laut dari kapal-kapal,” kata pernyataan itu. “USS Mason … sedang menuntaskan tanggapannya terhadap permintaan bantuan darurat M/V Central Park pada waktu rudal itu diluncurkan. Tidak ada kerusakan atau laporan cedera dari kedua kapal selama insiden ini.”

Zodiac menyebut kapal itu milik Clumvez Shipping Inc., meskipun catatan lain mengaitkan langsung Zodiac sebagai pemiliknya. Zodiac Maritime yang berbasis di London adalah bagian dari Zodiac Group milik miliarder Israel Eyal Ofer. Catatan perusahaan Inggris menunjukkan dua orang dengan nama keluarga Ofer sebagai direktur dan mantan direktur Clumvez Shipping, yang juga mencakup Daniel Guy Ofer, direktur di Zodiac Maritime. [uh/ab]

Source link



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com