Wujudkan Amanat Perpres 72/2021, Pemkab Bolsel Komitmen Kejar Target Nasional

Romansyah Banjar
Penulis Romansyah Banjar



ZONAUTARA.com — Tekad dan kerja keras Pemerintah Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) untuk mewujudkan penurunan stunting di daerahnya terus digenjot.

Apalagi secara nasional, Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan melalui Perpres No.72 Tahun 2021, bahwa angka prevalensi stunting keseluruhan secara nasional harus turun ke angka 14% di tahun 2024.

Salah satu wujud komitmen Pemkab Bolsel terkait urusan ini menurut Sekda M. Arvan Ohy SSTP, MAP adalah melalui pelaksanaan kegiatan Audit Kasus Stunting.

Kegiatan ini, lanjut dia, merupakan salah satu tahapan (aksi 7) dalam 8 aksi konvergensi stunting yang dilaksanakan oleh bidang kesehatan dan KB dengan tujuan untuk menekan angka prevalensi stunting.

“Alhamdulillah pada Rabu 29 November 2023 lalu, telah dilaksanakan kegiatan Diseminasi Audit Kasus Stunting Semester 2 Tahun 2023 yang dibuka langsung oleh Pak Bupati Iskandar Kamaru SPt, MSi.”

“Dalam kegiatan ini dilaporkan bahwa berdasarkan hasil pengukuran terkini pada Oktober 2023 jumlah balita stunting di Bolsel ada 166 anak yang terdiri dari 49 bayi bawah dua tahun (baduta) dan 117 bayi bawah lima tahun (balita),” ungkap Panglima ASN Bolsel ini, Selasa 5 Desember 2023.

Lanjutnya, hasil pelaksanaan audit kasus stunting semester 1 dan semester 2 tahun 2023 dilakukan pada 12 subjek, dengan rincian: 9 balita (1 gizi buruk), 3 baduta (1 gizi buruk) dan 1 ibu hamil Kurang Energi kronik (KEK).

Persentase capaian pelaksanaan audit kasus stunting tahun 2023 masing-masing: balita 7,7% dan baduta 6,1%.

Dikatakannya, berdasarkan data capaian tersebut jelas bahwa Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Bolsel bersama Tim Pakar Audit Stunting harus komitmen bekerja keras di tahun 2024 untuk memenuhi amanat Presiden dalam Perpres No.72 tahun 2021 dengan target Pelaksanaan Audit Kasus Stunting sebesar 50% secara Nasional.

“Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak yang terlibat dalam upaya penurunan stunting di daerah ini untuk berkomitmen kerja keras mewujudkan Bolsel bebas stunting dan mencapai target nasional sesuai amanat Presiden dalam Perpres No.72 tahun 2021,” imbaunya. (Advetorial)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com