bar-merah

Iskandar-Deddy Serahkan Pagu DD dan ADD 2024, Naik 536 Juta

ZONAUTARA.com — Bupati Bolmong Selatan (Bolsel), H. Iskandar Kamaru secara resmi menyerahkan Pagu Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2024 kepada 81 Desa yang tersebar di Kabupaten Bolsel, yang totalnya nyaris Rp 100 Miliar.

Kegiatan penyerahan Pagu DD yang bersumber dari APBN dan ADD dari APBD 2024 tersebut, dipusatkan di lapangan futsal, kawasan perkantoran Panango, Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki, Senin 8 Januari 2024.

Dalam arahannya, orang nomor satu di Tanah Totabuan bagian Selatan itu mengatakan, untuk tahun ini, Dana Desa (DD) untuk 81 Desa di Bolsel yang bersumber dari APBN 2024 berjumlah Rp 59,8 Miliar.

Menariknya, Bupati mengungkapkan jika, jumlah Pagu DD tahun 2024 ini bertambah sekitar 0,9 persen, atau sekitar Rp 536 Juta dari tahun sebelumnya.

Sementara untuk ADD, lanjut Bupati mengatakan, Pemkab Bolsel telah mengalokasikan Rp 39,9 Miliar dari APBD 2024.

“Jadi, jumlah total dana desa dan ADD di Kabupaten Bolsel pada Tahun Anggaran 2024 berjumlah kurang lebih Rp 99,8 Miliar,” ungkap Iskandar Kamaru.

Disampaikannya lagi bahwa, pada tahun ini dalam pengelolaan DD dan ADD telah diwajibkan melalui Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) online.

Tujuannya adalah, untuk mewujudkan reformasi birokrasi dalam komitmen penegakan integritas dan tanggung jawab, pemahaman dan pengetahuan regulasi, ketaatan mekanisme, dan tata kelola keuangan desa.

“Diingatkan lagi bahwa, mulai Januari 2024, seluruh Desa sudah secara penuh menggunakan Siskeudes online.”

“Sistem ini menuntut ketepatan, dan kecepata. Karena, pencatatannya sudah digital, dan dipantau oleh banyak pihak termasuk aparat penegak hukum dan KPK,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati didampingi Wakil Bupati, Deddy Abdul Hamid dan Sekda Marzanziua Arvan Ohy menyerahkan secar simbolis Pagu DD dan ADD kepada perwakilan Desa yang ada di Tujuh Kecamatan se Kabupaten Bolsel.

Kegiatan tersebut turut dihadiri para Asisten Setda, Pimpinan OPD, para staf khusus Bupati, Camat dan Sangadi se-Bolsel serta para undangan. (Advetorial)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com