bar-merah

Berkunjung ke Kotamobagu, DPRD Kota Tomohon apresiasi keterbukaan informasi

Kominfo Kotamobagu
Suasana kunjungan Aleg DPRD Kota Tomohon ke Diskominfo Kota Kotamobagu, (Foto: Komunika Sulut).

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com– Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Pemerintah Kota Kotamobagu mendapatkan apresiasi dari Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Tomohon, Stenli R. Wuwung.

Pujian tersebut disampaikan saat kunjungan ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemkot Kotamobagu pada Selasa, 16 Januari 2024.

Wuwung memberikan penghargaan terhadap manajemen keterbukaan informasi publik yang dijalankan oleh Dinas Kominfo Kotamobagu. Lebih lanjut, dia menyebut bahwa Pemkot Kotamobagu berhasil meraih peringkat kedua di Provinsi Sulawesi Utara dalam sistem pengelolaan keterbukaan informasi publik.

Dalam kunjungannya, Wuwung menyatakan bahwa kedatangannya bertujuan untuk memahami lebih dalam implementasi dan mekanisme sistem pengelolaan KIP di Dinas Kominfo Kotamobagu. Wuwung melihat peran strategis Dinas Kominfo dalam mendukung program pemerintahan, pembangunan, dan masyarakat.

Wuwung menegaskan pentingnya keterbukaan informasi publik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang KIP. Dia menyoroti bahwa proses kontrol dan keseimbangan harus ada dalam keterbukaan informasi publik, sehingga masyarakat dapat mengetahui tentang produk-produk Pemda dan DPRD. Wuwung juga mengakui adanya klasifikasi dalam keterbukaan informasi.

Menurutnya hasil kunjungan akan menjadi masukan dalam pembahasan antara pihaknya dengan pemerintah daerah. Dia menyebut bahwa DPRD Kotamobagu sedang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) KIP yang akan diusulkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

“Kunjungan diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk menyusun Perda yang substansial dan berkualitas,” ucap Wuwung.

Kunjungan tersebut diterima oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kotamobagu, Hasna Pasambuna, dan jajaran. Rombongan diberikan pemahaman lebih lanjut tentang pengelolaan KIP di Kotamobagu oleh Hasna Pasambuna beserta staf dan kepala bidang di Dinas Kominfo.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com