bar-merah

Mana yang benar, cicak atau cecak?

mana yang benar
Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.com – Kata mana yang sering kamu gunakan, cicak atau cecak? Antara keduanya, ada yang benar dan ada yang salah, atau lebih tepatnya baku dan tidak baku. Mana yang benar dari kedua kata tersebut?

Saat mengucap maupun menulis, antara kata cicak atau cecak, kebanyakan kita menggunakan kata cicak.

Memang kebanyakan tidak terlalu mempermasalahkan menggunakan kata cicak atau cecak. Kedua kata itu sama-sama merujuk pada satu reptil yang sering kita temui di dinding rumah kita.

Namun, ada baiknya kita mengetahui tentang kata yang benar antara cicak atau cecak.

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kata cicak yang sering kita gunakan, ternyata malah tidak ditemukan.

Jika kita mencari kata tersebut di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kita hanya akan menemukan kata cecak, yang menggambarkan binatang merayap yang hidup di rumah.

Tidak hanya di langit-langit rumah kita, atau terkadang merayap di dinding dan kayu-kayu rumah, cecak juga hidup di pohon, dan di tempat yang teduh lainnya.

Jadi, ketika kita melihat reptil ini di mana pun, ingatlah kalau mereka bukan cicak, malainkan cecak.

Mulailah dari kita, masyarakat Indonesia, yang adalah pemilik bahasa itu sendiri, untuk menggunakan bahasa Indonesia yang benar.

Semoga bermanfaat!



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com