bar-merah

Pemkab Sitaro ingatkan peran KPPS jadi kunci keberhasilan Pemilu 2024

sitaro
Mewakili Pj Bupati Sitaro, Jostanli Bogar bawa sambutan pada pelaksanaan Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara dalam Pemilu 2024, di Pandopo Kecamatan Tagulandang. (Foto: Humas Kominfo Publik / Desmon Lumahu)

ZONAUTARA.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) ingatkan tanggung jawab besar Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), sebagai salah satu kunci keberhasilan jalannya Pemilu 2024.

Dalam gelaran Simulasi Pemungutan dan Pehitungan Suara Pemilu yang diselenggarakan di Pandopo Kantor Camat Tagulandang, (30/1/2024) Penjabat (Pj) Bupati Sitaro Joi E B. Oroh yang diwakili Jostanli Bogar selaku staff ahli membeberkan beberapa hal.

Saat membacakan sambutan Bupati, Bogar mengingatkan masyarakat, Pemilu tahun 2024 merupakan momentum penting bagi seluruh bangsa Indonesia, karena melalui Pemilu, rakyat akan menentukan pilihan politiknya, baik di tingkat nasional maupun daerah.

Pemilu ini juga menjadi ajang untuk mengukur kualitas demokrasi, telah sejauh mana kita mampu menyelenggarakan Pemilu yang jujur, adil, transparan, dan akuntabel.

“Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pemilu adalah kinerja para penyelenggara pemilu di lapangan, khususnya para anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara(KPPS),” kata Bogar.

Staff Ahli Bupati Jostanli Bogar saat memantau proses simulai Pemungutan dan Perhitungan Suara dalam Pemilu 2024, di Tagulandang. (Foto : Humas Kominfo Publik / Desmon Lumahu)

Para anggota KPPS, Ucap Bogar, memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar, yaitu melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), serta menyampaikan hasilnya kepada Panitia Pemilihan Kecamatan(PPK).

Untuk itu, kata dia para anggota KPPS harus memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang profesional dalam menjalankan tugasnya, harus memahami dan menguasai seluruh tahapan, prosedur serta peraturan yang berlaku dalam pemungutan dan penghitungan suara.

“Harus mampu mengatasi berbagai kendala dan masalah yang mungkin terjadi di lapangan, serta bisa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti pengawas Pemilu, saksi dan pengamat,” urainya.

Lewat Simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini, Bogar berpesan sangat penting dan strategis untuk dilaksanakan dengan tujuan memberikan pembekalan dan pelatihan kepada para anggota KPPS, agar siap dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com