bar-merah

Komunitas pecinta alam tanam 1000 pohon untuk pulihkan kawasan kaki Gunung Soputan

pohon
Aksi penanaman 1000 pohon yang dilakukan komunitas pecinta alam di kaki Gunung Soputan. (Foto: siaran pers)

ZONAUTARA.com – Sejumlah komunitas pecinta alam melakukan aksi menanaman pohon di kawasan kaki Gunung Soputan, Sulawesi Utara. Aksi ini diinisiasi oleh Lestari Bumi Hijau yang didukung PT Tirta Investama Aermadidi dan masyarakat sekitar.

Sebanyak 1000 pohon berbagai jenis kayu dan tanaman buah-buahan ditanam pada kegiatan peduli lingkungan tersebut yang digelar pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Adapun lahan yang ditanami adalah kawasan kaki Gunung Soputan yang berada di perbukitan Desa Silian, Kecamatan Tombulu, Minahasa Tenggara. Kawasan ini pada pertengahan 2023 dilanda kebakaran saat kemarau.

“Ini untuk mengganti ribuan pohon yang terbakar. Kami mencoba merehabilitasi kembali area ini agar kembali hijau, dan menjadi rumah bagi flora dan fauna yang ada di Gunung Soputan,” kata Ketua Lestari Bumi Hijau, Brivly Clif Lotulung.

Peserta aksi tanam pohon sedang menanam bibit pohon di kawasan kaki Gunung Soputan. (Foto: siaran pers)

Birvly menjelaskan bahwa aksi tanam pohon di area seluas 300 hektar itu merupakan salah satu bentuk kampanye yang dilakukan para pecinta alam untuk pelestarian lingkungan di area Gunung Soputan.

Meyske Luntungan dari PT Tirta Investama Aermadidi berharap kegiatan serupa bisa terus dilakukan secara berkelanjutan.

“Agar bisa mengembalikan ekosistem yang ada di kaki Gunung Soputan,” ujar Meyske.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com