bar-merah

Asripan Nani sambut hangat upacara adat Tulude: memperkuat identitas dan kesejahteraan bersama FORMASST

Adat Tulude
Pj Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani saat menghadiri upacara adat Tulude, Kamis (29/2/2024), (Foto: ZONAUTARA.com/Sajidin Kandoli).

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, menghadiri upacara adat Tulude yang diselenggarakan Forum Masyarakat Sangihe, Sitaro, dan Talaud (FORMASST) di GMIBM Pusat Kota Kotamobagu Kamis (29/2/2024).

Dalam sambutannya, Asripan Nani menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua Umum FORMASST, Prof. Dr. Anderson Guntur Kumenaung SE M.Si CWM. “Selamat datang di Kota Kotamobagu, Pak Prof, selaku Ketua Umum FORMASST dengan bahasa adat kami, dega niondon komintan. Mudah-mudahan pertemuan ini memiliki nilai kedamaian dan kesejahteraan,” ucapnya.

Pj Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani menghadiri acara adat Tulude, (Foto: ZONAUTARA.com/Sajidin Kandoli).

Asripan juga menjelaskan bahwa acara adat Tulude tidak hanya menguatkan identitas, tetapi juga mengandung nilai spirit dan kesyukuran dalam merawat keberagaman di Kota Kotamobagu. “Upacara tulude merupakan kegiatan adat yang diwarnai oleh para leluhur masyarakat Nusa Utara. Pada hakekatnya, Tulude adalah sebuah komitmen pengucapan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas segala berkatnya kepada umat manusia,” jelasnya.

Sambutannya diakhiri dengan apresiasi terhadap terselenggaranya acara adat Tulude bagi masyarakat etnis Nusa Utara di Kota Kotamobagu. “Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, dengan rasa bangga, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada FORMASST beserta seluruh panitia atas sukses terlaksananya kegiatan. Terus kembangkan budaya ini, karena kami selaku pemerintah dan masyarakat selalu bersinergi, merapatkan barisan, menyatukan etnis, dan agama dalam keyakinan masing-masing untuk sebuah kebersamaan,” tuturnya.

Tulude
Pj Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani saat menghadiri upacara adat Tulude, Kamis (29/2/2024), (Foto: Hendrawan Mandjahia).

“Asisten II Pemprov Sulut ini juga menegaskan bahwa di mata pemerintah, semua masyarakat sama, tanpa membedakan suku, agama, maupun ras. Pemerintah diwajibkan merangkul semua keberagaman, karena melalui keberagaman itu, kita dapat berkolaborasi membangun daerah yang sama kita cintai,” lanjut Asripan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut beberapa tokoh penting, seperti Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit, Ketua DPRD Kota Kotamobagu Meiddy Makalalag, Ketua PN Kota Kotamobagu Jifli Zulfami Adam, Danramil Kotamobagu Kapt Armed Chandra, Kapolsek Kotamobagu AKP Romi Ginoga, sejumlah pimpinan OPD Pemkot Kotamobagu, Tokoh Masyarakat, serta Aliansi Masyarakat Adat Bolaang Mongondow.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com