bar-merah

Badan Kesbangpol Sitaro mulai buka pendaftaran Paskibraka 2024 secara online

Sosialisasi Pembentukan Paskibraka oleh tim seleksi di salah satu sekolah di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro. (Foto: Octavianus Hermanses)

SITARO, ZONAUTARA.COM-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibaraka) Tahun 2024.

Sejumlah SMA / SMK di Kepulauan Sitaro mulai disasar panitia seleksi yang terdiri dari berbagai perwakilan baik dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politk, Purna Paskibraka Indonesia, TNI dan Polri.

Kepala Badan Kesbangpol Sitaro, Gandawari Mulalinda menjelaskan untuk sosialisasi merupakan bagian dari tahapan pembentukan Paskibraka di setiap daerah di Indonesia.

Ini sejalan dengan Peraturan Badan Pembinaan Idiologi Pancasila Nomor 3 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksana Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2022 tentang Program Paskibraka.

Ia menjelaskan dalam dua tahun terakhir ini sejak 2022 lalu, urusan paskibraka itu ditangani Badan Kesbangpol dan semua tahapannya merujuk pada ketentuan BPIP RI.

“Sesuai jadwal yang ada pendaftaran calon anggota Paskibraka akan dibuka mulai 2 Maret 2024 mendatang dan berlaku secara online. Untuk itu, kami panitia pelaksana merasa perlu mengadakan sosialisasi secara masif di setiap sekolah yang ada di Sitaro,” kata Mulalinda, Senin (4/3/2024).

Dalam sosialisasi tersebut, pihak panitia pelaksana menjelaskan berbagai hal, termasuk di antaranya mengenai tata cara pendaftaran dan dokumen pendukung lainnya yang harus disertakan oleh setiap pelajar.

“Rencananya akan berlangsung sampai minggu depan termasuk sekolah-sekolah yang ada di wilayah kepulauan,” ungkap Mulalinda.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Bina Idiologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Badan Kesbangpol Sitaro, Fitria Onthoni mengamati terjadi peningkatan antusias para pelajar dalam mengikuti seleksi paskibraka.

Pasalnya, kata Fitri, dari sejumlah sekolah yang dikunjungi sudah terdapat puluhan pelajar yang mendaftar, khusus untuk sekolah di daratan Pulau Siau, sosialisasi akan dilangsungkan sampai awal pekan ini.

“Sementara Untuk Tagulandang dan Biaro sudah di mulai sejak Selasa 5 Maret 2024 ,” ujar Fitri.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com