bar-merah

Dialog budaya, Kamaru gaungkan Bolaang Uki daerah eks swapraja

Bupati H. Iskandar Kamaru, saat jadi Narasumber. (Foto: Diskominfo Bolsel)

BOLSEL, ZONAUTARA.COM-Bupati Bolmong Selatan, H. Iskandar Kamaru SPt, MSi tampil sebagai narasumber dalam acara Dialog Budaya Musyawarah Masyarakat Bolaang Uki bertajuk “Kapan HUT Bolaang Uki?” yang digelar di lokasi Molibagu Ramadhan Fest, Alun-alun Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki, Kamis, 21 Maret 2024 malam.

Dalam dialog tersebut, Bupati mengatakan untuk menetapkan kapan tepatnya HUT Bolaang Uki akan dibentuk sebuah tim yang beranggotakan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

“Tentu sebaiknya penetapan kapan tepatnya HUT tersebut harus diambil berdasarkan dari peristiwa bersejarah atau peristiwa heroik masa lalu yang punya nilai kuat dalam masyarakat,” ujar Kamaru.

Lanjut, top eksekutif ini mengusulkan untuk dibuat acara seminar khusus saat HUT Bolsel nanti untuk membahas sejarah Suku Bolango berdasarkan buku yang telah disusun oleh Alm. Deddy Van Gobel.

Tak hanya itu, Bupati juga menyarankan agar dibuat sebuah kamus bahasa Bolango yang akan digunakan dalam pelajaran muatan lokal (mulok) di sekolah.

“Pemerintah daerah juga berencana untuk membangun replika mahligai kerajaan agar semua masyarakat Bolsel dapat mengetahui tentang lahirnya wilayah eks swapraja Bolaang Uki,” jelas orang nomor satu Bolsel ini.

Acara dialog itu berlangsung hangat dan terbuka yang dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pemuda, jajaran pimpinan PD dan ASN lingkup Pemkab Bolsel serta warga masyarakat pengunjung Molibagu Ramadhan Fest.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com