bar-merah

Mana yang benar, berpetualang atau bertualang?

mana yang benar
Ilustrasi digerenate dengan Midjourney

ZONAUTARA.com – Kata berpetualang atau bertualang, sering ditujukan pada mereka yang suka menjelajah. Mana yang benar dari kedua kata tersebut?

Sangat sering kita mendengarkan orang mengatakan “saya suka berpetualang!”.

Padahal, kata (ber)(pe)tualang sebenarnya adalah kata yang berlebihan, karena sudah menggunakan dua imbuhan, yakni: ‘ber’, dan ‘pe’.

Kata berpetualang atau bertualang, berasal dari kata dasar ‘tualang’ yang memiliki arti dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

Mengembara ke mana-mana (tidak tentu tempat tinggalnya); berkeliaran; bergelandangan.
Selalu pergi ke mana-mana tidak suka tinggal di rumah)
Berbuat sesuatu secara nekat (tidak jujur dan sebagainya)

Kata yang benar antara berpetualang dan bertualang, adalah bertualang.

Seperti pada penjelasan di atas, anda tidak akan menemukan kata berpetualang di KBBI. Kamu harus memilih satu imbuhan saja, antara kata (ber)tualang atau (pe)tualang.

Itulah penjelasan singkat tentang penulisan mana yang benar, berpetualang atau bertualang menurut KBBI, dan penjelasannya.

Artikel tentang ‘mana yang benar’ menurut KBBI, dapat anda temukan di topik Zonapedia atau di related yang ada di bagian bawah artikel ini.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com