bar-merah

Tahun ini, pelajar SLTA di Sitaro berpeluang sama ikut seleksi Paskibraka

Pemasangan tanda peserta seleksi paskibraka Sitaro tahun 2024 secara simbolis oleh Pj Bupati Sitaro, Joi E.B. Oroh.

SITARO, ZONAUTARA.COM-Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Joi E.B. Oroh resmi mengalungkan tanda peserta, sebagai simbol dimulainya seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Tahun 2024 bertempat di Auditorium Kantor Bupati, Selasa, 2 April 2024.

Seleksi calon Paskibraka di tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab itu, perekrutan tahun ini menjadi sangat ramai diperbincangkan para pelajar SLTA baik yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menjadi target peserta.

Untuk menjadi peserta, biasanya para pelajar calon Paskibraka mendapat mandat lewat penunjukan dari tim seleksi yang bertugas. Kali ini berbeda, semua pelajar punya kesempatan yang sama dalam mengikuti proses rekrutmen dan seleksi pembentukan Paskibraka tahun 2024. Mekanisme pendaftaran via online menggunakan aplikasi transparansi Paskibraka BPIP. Seluruh peserta membuat akun masing-masing dan mengunggah semua dokumen persyaratan secara online.

Kewenangan mengurus Paskibraka juga kini ditangan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kepulauan Sitaro setelah sebelumnya kewenangan penuh di tangan Dinas Pendidikan. Sesuai data, tahapan seleksi calon Paskibraka tingkat Kabupaten/kota dimulai pada minggu pertama Februari sampai dengan minggu keempat April 2024.

Seleksi Paskibraka tingkat kabupaten/kota terdiri dari seleksi administrasi, seleksi pancasila dan wawasan kebangsaan, seleksi intelegensi umum, seleksi kesehatan, seleksi peraturan baris berbaris (PBB) dan kesamaptaan, seleksi kepribadian (wawancara, penelusuran minat, bakat, dan rekam jejak di media sosial).

“Dengan seleksi yang beragam ini, harapannya kita bisa mengirim perwakilan di tingkat provinsi sampai ke nasional,” kata Pj Bupati Kepulauan Sitaro, Joi E.B. Oroh.

Foto bersama calon peserta seleksi paskibraka bersama Pj Bupati Sitaro Joi E.B. Oroh dan sejumlah pejabat lainnya.

Diketahui, total jumlah peserta calon Paskibraka yang mendaftar sebanyak 160 orang. Yang mengunggah berkas 120 orang, lolos seleksi administrasi 100 orang, selanjutnya mengikuti tahapan seleksi TWK dan TIU secara daring di 3 wilayah Siau, Tagulandang dan Biaro secara serentak pada 25 – 26 maret 2024.

“Tahapan Seleksi TWK yang lolos sebanyak 83 orang dan selanjutnya mengikuti tahapan seleksi TIU lolos 77 orang, dan mulai tanggal 2 April sampai 4 April akan masuk ke tahap Seleksi fisik yang akan dimulai dari seleksi kesehatan, selanjutnya seleksi parade, PBB, kesamaptaan dan seleksi kepribadian,” kata Kepala Badan Kesbangpol Sitaro, Gandawari Mulalinda.

Tahapan seleksi kesehatan dan parade kata Gandawari, merupakan sistem gugur. Jadi akan ada peserta yang tersingkir apabila tidak memenuhi persyaratan. Seluruh peserta yang mengikuti seleksi sudah mendapatkan izin tertulis dari pihak sekolah maupun pihak orangtua/wali.

“Semua hasil penilaian bisa diakses di aplikasi Transparansi Paskibraka melalui akun masing-masing, sehingga proses pembentukan Paskibraka ini terlaksana secara transparan dan di pantau oleh panitia pusat,” jelas Gandawari.

Salah satu siswa yang ikut seleksi, Stefanus Rorong mengaku akan berjuang hingga batas kemampuan. Jika lolos seleksi siswa dari SMA Negeri 1 Siau Timur ini berharap bisa masuk kelompok pengibar bendera.

“Bisa masuk pasukan delapan karena keren jadi tim pengibar,” ungkap Stefanus.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com