bar-merah

Cek Fakta : Video Artis Raffi Ahmad Ditangkap Polisi Terlibat Kasus Pencucian Uang 271 Triliun Rupiah Ternyata Hoax

raffi ahmad
Tangkapan layar postingan video manipulasi tentang Raffi Ahmad di Tik Tok.

ZONAUTARA.com – Beredar video di platform Tik Tok terkait sosok presenter ternama sekaligus aktor Indonesia, Raffi Ahmad yang dinarasikan diringkus polisi karena diduga terlibat kasus pencucian uang senilai 271 triliun rupiah.

Adalah akun Tik Tok ANDI HAFIDS yang memposting video tersebut. Dalam video itu seolah-olah Raffi Ahmad diamankan polisi disertai dengan narasi “Artis Raffi Ahmad dirin9ku5 poli5i karna terlibat k45us pencuci4an uang 271 triliun nagita slavina n94muk”

Postingan ini hingga Kamis (4/4/2024) siang telah ditonton sebanyak 21,2 juta kali dan dibagikan 33,2 ribu kali serta disukai 21,3 ribu. Jika dilihat dari keterangan waktu, video ini diupload tiga hari yang lalu.

raffi ahmad
Tangkapan layar postingan video manipulasi tentang Raffi Ahmad di Tik Tok.

Lalu benarkah Raffi Ahmad diamankan terkait kasus pencucian uang 271 triliun rupia?

raffi ahmad
Tangkapan layar postingan video manipulasi tentang Raffi Ahmad di Tik Tok.

PENELUSURAN CEK FAKTA

Tim Cek Fakta Zonautara.com mencoba menelusuri video tersebut dengan mengunjungi media sosial milik Raffi Ahmad.

Pada laman Instagram @raffinagita1717, terdapat klarifikasi terkait dengan video yang beredar tentang dirinya diamankan polisi dengan menulis “Hadeuhhh …. ini tuh konten PRANK, jadi gw di PRANK 5 tahun lalu di youtube channel @attahalilintar, jadi jangan percaya kalo ada pihak yang tidak bertanggungjawab dan meng-edit video ini sehingga menjadi berita HOAX !!! Terimakasih Guys …. Astagfirullah”

Melalui keterangan dalam postingan tersebut, Tim Cek Fakta juga mengunjungi akun milik Atta Halilintar, pada channel dengan nama akun AH.

Dalam channel tersebut terdapat sebuah video yang diupload pada 30 Mei 2019 lalu dengan judul “PRANK RAFFI AHMAD! DI TANGKAP POLISI!!! NAGITA NANGIS”. Video ini sudah ditonton sebanyak 26.288.736 telah disukai 898 ribu.

Video asli yang diupload berdurasi 16.25 menit, dan saat diamati orang dalam video serta pakaian yang dikenakan sama persis dengan video yang diperiksa. Saat dilakukan pemeriksaan ternyata konten itu dimanipulasi dari menit 12.44 hingga menit 13.13.

Sedangkan untuk suara di dalam video yang diperiksa, dapat dipastikan adalah suara asli pepmbuat konten video tersebut.

Penelusuran lain juga dilakukan dengan mencoba menelusuri melalui mesin pencari Google Search dengan menuliskan kata kunci “Raffi Ahmad kena Hoax Pencucian 271 triliun”.

Ditemukan beberapa informasi berita terkait. Salah satunya yang telah ditayangkan https://www.suara.com/lifestyle/2024/04/02/160231/senjata-makan-tuan-prank-raffi-ahmad-digrebek-polisi-malah-jadi-hoaks-disangkutkan-pencucian-uang-rp-271-triliun

Ada pula yang ditayangan di https://www.liputan6.com/amp/5565103/raffi-ahmad-pening-digosipkan-soal-pencucian-uang-rp271-triliun-nagita-slavina-kita-lagi-ditransfer-pahala#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=17122118327521&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com

KESIMPULAN

Video yang beredar di platform Tik tok tentang artis Raffi Ahmad ditangkap polisi karena kasus pencucian uang 271 triliun rupiah adalah Hoax yang masuk kategori konten manipulasi.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com