bar-merah

Tips Mengembalikan Kebugaran Setelah Melahirkan

ZONAUTARA.com – Setelah proses melahirkan, baik secara normal maupun melalui operasi caesar, penting bagi para ibu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Waktu pemulihan setelah melahirkan secara caesar biasanya lebih lama, sehingga perlu kesabaran dalam kembali berolahraga.

Penelitian menunjukkan bahwa ibu yang baru melahirkan sebaiknya tidak melakukan olahraga dengan intensitas tinggi agar tidak mempengaruhi kadar asam laktat dalam ASI.

Panduan Olahraga Pasca Melahirkan

1. Mulai dengan Jalan Santai: Rutin melakukan jalan santai di pagi hari atau sore dapat membantu menjaga kebugaran. Yang penting bukan seberapa jauh Anda berjalan, melainkan konsistensi dalam melakukannya.

2. Yoga untuk Ketenangan: Senam yoga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot. Selain itu, yoga juga dapat membantu mengurangi stres dan mencegah baby blues yang sering dialami oleh ibu baru.

3. Sarapan Sehat: Jangan lewatkan sarapan, karena hal ini dapat memberikan energi dan mengurangi rasa lelah. Pilih makanan yang seimbang dan hindari makanan berlebihan yang dapat mengganggu aktivitas Anda.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Serat: Makan makanan yang mengandung serat untuk tambahan energi dan hindari dehidrasi dengan minum air yang cukup sesuai kebutuhan tubuh.

5. Relaksasi dengan Musik: Dengarkan musik favorit Anda untuk merilekskan pikiran dan menghilangkan kelelahan. Musik juga dapat menjadi terapi sendiri yang menyegarkan tubuh dan pikiran.

6. Spa atau Pemijatan: Melakukan spa atau pemijatan oleh ahli dapat membantu mengurangi ketegangan pada betis, paha, dan payudara. Pemijatan pada payudara juga dapat membantu kelancaran produksi ASI.

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga pasca melahirkan, terutama jika Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu.

Selamat menjaga kesehatan dan kebugaran setelah melahirkan!



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com