bar-merah

Gunungapi Ruang kembali erupsi, area terdampak lontaran lava pijar meluas

Tampak suasana erupsi gunung ruang yang difoto warga dari pelabuhan Tagulandang.

SITARO, ZONAUTARA.COM – Gunungapi Ruang di Sitaro kembali erupsi pada, Selasa, 30 April 2024 sekira Pukul 02.35 WITA. Sebagaian besar wilayah di Pulau Tagulandang terdampak lontaran lava pijar. Status Gunungapi Ruang resmi naik dari level Siaga ke Awas.

Suasana mencekam kembali terjadi di Pulau Tagulandang, yang berada tepat di depan Gunungapi Ruang di Pulau Ruang.

Lontaran lava pijar kembali terjadi, warga berlarian mengevakuasi secara mandiri. Hujan batu terus mengguyur rumah warga mulai dari pukul 03.00 WITA hingga pukul 05.00 WITA dini hari.

“Kami sekeluarga sudah lari ke Desa Birarikey. Lebih banyak desa kena hujan batu,” kata Gustap Pansing, dihubungi dinihari tadi.

Tampak suasana erupsi gunung ruang yang difoto warga dari pelabuhan Tagulandang.

Informasi dari warga di Pulau Tagulandang jatuhan batu material vulkanik Gunungapi Ruang meluas dibanding erupsi pada, Rabu, 17 April 2024 lalu, kini beberapa desa di Kecamatan Tagulandang Utara dan Selatan ikut terdampak.

Badan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi juga resmi menaikan status Gunung api Ruang dari Level Siaga ke Awas.

Situasi saat ini dampak erupsi sebagian wilayah juga terjadi pemadaman listrik.

Hingga berita ini diturunkan belum ada konfirmasi dari otoritas setempat terkait dengan dampak dari erupsi Gunungapi Ruang.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com