bar-merah

Peringatan Hari Pendidikan Nasional: Walikota Tomohon Refleksi Lima Tahun Gerakan Merdeka Belajar

Wali Kota Tomohon Carol Joram Azarias Senduk, saat peringana Hardiknas 2024, (Foto: Pemkot Tomohon).
Wali Kota Tomohon Carol Joram Azarias Senduk, saat peringana Hardiknas 2024, (Foto: Pemkot Tomohon).

ADVERTORIAL, ZONAUTARA.com – Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) digelar di Lapangan Kantor Wali Kota Tomohon, Selasa, 7 Mei 2024.

Dalam pidato yang dibacakan oleh Wali Kota Tomohon Carol Joram Azarias Senduk, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia menyampaikan refleksi yang mendalam mengenai lima tahun perjalanan menuju perbaikan dan inovasi di sektor pendidikan.

Suasana peringatan Hardiknas di Kota Tomohon, (Foto: Pemkot Tomohon).

Dalam pidato yang membawa pesan dari Menteri, Wali Kota Tomohon memulai dengan mengakui perjalanan yang penuh tantangan selama lima tahun terakhir di bawah kepemimpinan Gerakan Merdeka Belajar.

“Menjadi pemimpin dari Gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan di Indonesia,” ucapnya.

Wali Kota Tomohon Carol Joram Azarias Senduk, saat peringana Hardiknas 2024, (Foto: Pemkot Tomohon).
Wali Kota Tomohon Carol Joram Azarias Senduk, saat peringana Hardiknas 2024, (Foto: Pemkot Tomohon).

Wali Kota juga menyoroti peran perjuangan dalam menghadapi pandemi yang tak terduga.

“Ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan, yaitu pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar, mengajar, dan cara hidup kita secara drastis,” ungkapnya.

Meski demikian, pandemi memberikan kesempatan untuk percepatan perubahan yang dibutuhkan.

Dalam pidato tersebut, Wali Kota menyebutkan pencapaian yang telah dicapai selama lima tahun terakhir.

“Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya,” jelasnya.

Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk memimpin upacara peringatan Hardiknas 2024.

Walikota juga menekankan pentingnya kelanjutan perjuangan. “Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan, sekolah yang kita cita-citakan,” tambahnya.

Pidato itu diakhiri dengan harapan untuk masa depan pendidikan Indonesia. “Dengan penuh ketulusan saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan. Dengan penuh harapan, saya titipkan merdeka belajar kepada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” tutup Walikota Tomohon.

Upacara peringatan ini menjadi momen untuk merenungkan perjalanan pendidikan Indonesia dalam lima tahun terakhir dan menegaskan komitmen untuk terus bergerak maju dalam mewujudkan pendidikan yang merata dan berkualitas bagi semua generasi Indonesia.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com