bar-merah

UE Siap Lindungi Perekonomian Bloknya

Kepala Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan pada Senin (6/5) bahwa Uni Eropa (UE) tidak segan-segan mengambil tindakan keras untuk melindungi perekonomian dan keamanannya, di tengah ketegangan hubungan perdagangan dengan China.

“China yang bersikap adil adalah hal yang baik bagi kita semua,” katanya setelah pembicaraan di Paris dengan Presiden China Xi Jinping dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

“Kami akan membela perusahaan-perusahaan kami, dan mempertahan-kan perekonomian kami.” Ia menyoroti subsidi China untuk mobil listrik dan baja yang “membanjiri pasar Eropa”.

UE Siap Lindungi Perekonomian Bloknya

China juga terus “mendukung sektor pabrikannya secara besar-besaran” dengan kelebihan produksinya tidak bisa diserap oleh negara-negara lain di dunia.

Macron sebelumnya menekan Xi pada kunjungan kenegaraan pemimpin China itu ke Prancis, agar menerima aturan perdagangan dunia yang adil bagi pertukaran UE-China.

“Masa depan benua kita jelas akan bergantung pada kemampuan kita untuk terus mengembangkan hubungan dengan China secara seimbang,” kata Macron.

Secara terpisah pada Senin (6/5), Menteri Keuangan Perancis Bruno Le Maire mengatakan, Perancis menginginkan “kemitraan ekonomi yang adil dan mantap” dengan China. Le Maire mengatakan Prancis mengalami defisit perdagangan sebesar $49,6 miliar per tahun dengan China. [ps/jm]

Selengkapnya baca di VOA



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat




Artikel ini terbit atas kerjasama afiliasi Zonautara.com dengan Voice of America (VOA) Indonesia
TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com